"UN Tourism Conference" perkuat kesetaraan gender sektor parekraf Indonesia

id UN Tourism conference, menparekraf, sandiaga Uno

"UN Tourism Conference" perkuat kesetaraan gender sektor parekraf Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. ANTARA/ HO- Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan "2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific" di Bali pada 2-4 Mei 2024 menjadi momentum untuk memperkuat peran perempuan dan kesetaraan gender di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).
 
Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa, mengatakan kesetaraan gender merupakan isu penting yang perlu dikedepankan di berbagai sektor, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terlebih 54,22 persen pekerja sektor parekraf di Indonesia adalah perempuan dan masih menghadapi disparitas yang mencolok, terutama dari segi gaji dan kompensasi.
 
"Kita harus memberi perempuan kesempatan yang sama. Tidak hanya sebagai partisipan tapi juga sebagai pemimpin," kata Sandiaga.
 
Menparekraf mengungkapkan pertemuan ini nantinya menghadirkan pejabat dan tokoh-tokoh perempuan yang berperan besar dalam memajukan industri pariwisata di Indonesia dan di dunia sebagai pembicara. Selain itu, pertemuan ini juga diikuti 200 delegasi dari berbagai negara.
 
 
Dalam kesempatan serupa, Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, pertemuan ini dilaksanakan sebagai upaya memenuhi salah satu pilar dari Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu gender equality atau pengarusutamaan kesetaraan gender.
  
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandi: UN Tourism Conference perkuat kesetaraan gender sektor parekraf
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024