Peringkat 87 dunia, kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia, ungkap UN Women

id UN Women, Perempuan, Pemberdayaan, Indonesia, Hari Perempuan Internasional

Peringkat 87 dunia, kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia, ungkap UN Women

UN Women Indonesia Country Representative and ASEAN Liaison, Jamshed Kazi (kanan), berbicara dalam wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta pada Kamis (7/3/2024) untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Badan PBB untuk pemberdayaan perempuan, UN Women, mengatakan bahwa berdasarkan Laporan Kesenjangan Gender Global dari Forum Ekonomi Dunia, kualitas pemberdayaan perempuan di Indonesia berada pada peringkat 87 dari 146 negara-negara di dunia.

"Pemeringkatan ini didasarkan sejumlah faktor seperti pencapaian pendidikan, kesehatan dan kelangsungan hidup, pemberdayaan ekonomi dan juga partisipasi politik," kata UN Women Indonesia Country Representative and ASEAN Liaison, Jamshed Kazi, dalam wawancara khusus dengan ANTARA, Kamis.

Kazi mengatakan bahwa berdasarkan data 2023 tersebut, Indonesia sebenarnya memiliki kinerja yang cukup baik dalam pencapaian dalam pendidikan. Di Indonesia, terdapat lebih banyak perempuan bersekolah dibandingkan laki-laki.

Dalam beberapa kasus, angkanya bahkan lebih tinggi dari laki-laki, sehingga angka rata-ratanya hampir sama.

Yang masih menjadi tantangan dalam pemberdayaan perempuan di Indonesia adalah dalam pemberdayaan ekonomi dan partisipasi politik.

Dalam pemberdayaan ekonomi Kazi menyebutkan bahwa partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia hanya sekitar 53 hingga 54 persen, dan persentase tersebut tidak banyak berubah dalam 20 tahun terakhir.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UN Women: Kualitas pemberdayaan perempuan Indonesia di peringkat 87