Yogyakarta (ANTARA) - Integrasi program pelayanan terpadu satu pintu dari Kementerian Agama Kota Yogyakarta dengan aplikasi Jogja Smart Service milik Pemerintah Kota Yogyakarta diyakini akan semakin mempermudah masyarakat mengakses layanan.

“Masyarakat bisa mengakses berbagai layanan di Kementerian Agama Kota Yogyakarta hanya melalui telepon selular. Tentunya, akses akan semakin mudah,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi di Yogyakarta, Rabu.

Kementerian Agama Kota Yogyakarta memiliki 17 jenis layanan yang bisa diakses melalui program pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Seluruh layanan tersebut akan diintegrasikan sehingga bisa diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Hanya saja, lanjut Nur, untuk sementara ini belum semua jenis layanan bisa diakses melalui aplikasi JSS. “Kami masih terus melakukan penyempurnaan-penyempurnaan. Tetapi, nantinya semua layanan bisa diakses melalui JSS,” katanya.

Jenis layanan yang bisa diakses melalui PTSP di antaranya pelayanan informasi dan konsultasi yang meliputi konsultasi haji dan umroh, konsultasi waris, konsultasi zakat, konsultasi wakaf, dan konsultasi keluarga.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses pelayanan perizinan dan nonperizinan yang meliputi pelayanan persuratan, legalisasi dokumen, pengumpulan laporan bulanan, permohonan surat tugas, serta rekomendasi bantuan pembangunan.

Masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran haji, pengaduan, pendaftaran online KUA, serta penerimaan peserta didik baru untuk MAN 1 dan MAN 2 Yogyakarta.

Nur menyebut, program PTSP Kementerian Agama Kota Yogyakarta sudah diluncurkan sejak 2017 dan pada tahun lalu kemudian ditetapkan kesepakatan bersama bersama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk integrasi layanan PTSP.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta Sisruwadi mengatakan, pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Pemerintah perlu memberikan pelayanan yang transparan, akuntabel dan bersih apalagi masyarakat semakin kritis dan cerdas serta menginginkan layanan yang mudah dan cepat,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Sisruwadi, integrasi PTSP dengan JSS merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan dan dinamika Kota Yogyakarta. “Integrasi ini juga sejalan dengan konsep pembangunan Yogyakarta sebagai kota cerdas,” katanya.


Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024