Bantul (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri tahun ajaran 2024.

"Dengan telah diluncurkannya ini maka untuk proses pendaftaran PPDB di tingkat SD maupun jenjang SMP di Kabupaten Bantul telah dimulai hari ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Nugroho Eko Setyanto usai peluncuran PPDB tahun 2024 di Bantul, Senin.

Menurut dia, untuk pendaftaran dan seleksi dalam PPDB tingkat SD dilakukan secara luring atau luar jaringan pada 24 sampai 26 Juni, dengan cara orang tua dan calon siswa datang langsung ke sekolah yang dituju untuk menyerahkan atau melengkapi berkas.

Kemudian untuk pengumuman hasil seleksi PPDB jenjang SD dilaksanakan pada 26 Juni 2024 dan diakses di tempat pendaftaran, kemudian apabila diterima di sekolah agar melakukan pendaftaran ulang pada 27 dan 28 Juni dengan membawa kelengkapan dokumen.

Dia mengatakan, sementara untuk PPDB jenjang SMP negeri dilaksanakan secara daring atau online, dengan empat jalur yaitu Jalur Zonasi, Jalur Prestasi, Jalur Afirmasi dan Jalur Perpindahan tugas orang tua atau wali.

Untuk pendaftaran PPDB SMP negeri dimulai pada 24 sampai 26 Juni untuk jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi, untuk kemudian pengumuman pada 27 Juni, dan pendaftaran ulang pada 27 dan 28 Juni.

"Untuk kuota masing-masing jalur, jalur afirmasi paling banyak 15 persen dari daya tampung sekolah, kemudian jalur prestasi paling banyak 30 persen, jalur perpindahan tugas orang tua paling banyak lima persen, dan jalur zonasi paling sedikit 55 persen," katanya.

Dia mengatakan, untuk persyaratan umum calon peserta didik baru antara lain memiliki ijazah SD atau sederajat, berusia setinggi tingginya 15 tahun pada 1 Juli 2024 yang dibuktikan dengan fotocopy akta kelahiran atau surat keterangan lahir, namun syarat usia tidak berlaku bagi penyandang disabilitas.

Nugroho mengatakan, selama proses PPDB tahun 2024, pihaknya juga membuka layanan dan pengaduan pada aplikasi PPDB online bantulkab.siap-ppdb.com, juga membuka posko PPDB di Kantor Dinas Dikpora hingga 3 Juli, serta seluruh media sosial Dinas Dikpora Bantul.

Dengan demikian, kata dia, bagi orang tua peserta didik baru yang kesulitan atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang proses PPDB tahun 2024 dapat melakukan konsultasi ke posko yang telah disiapkan petugas maupun operator yang siap membantu pendaftaran.

 


Pewarta : Hery Sidik
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024