Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) melaksanakan ziarah dan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta, Senin, sebagai tradisi menyambut Hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024.

Upacara ziarah dan tabur bunga itu dipimpin oleh Irwasda Polda DIY Kombes Pol Ady Wibowo.

Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto mengatakan upacara ini merupakan bagian dari pembinaan tradisi rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2024.

"Upacara tersebut juga bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan mereka untuk bangsa dan negara," kata dia.

Selain itu, kata Nugroho, upacara tersebut juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan serta memberikan motivasi kepada seluruh anggota Polri.

Pasukan yang terlibat dalam upacara tersebut meliputi berbagai satuan kerja di Polda DIY, termasuk perwira menengah, perwira pertama, Ditsamapta Polda DIY, Satbrimob Polda DIY, PNS Polda DIY serta para Pejabat Utama Polda DIY.

Selain upacara ziarah dan tabur bunga di TMP Kusmanegara, kata dia, Polda DIY juga menggelar upacara tabur bunga di laut Pelabuhan Perikanan Pantai Sadeng, Gunungkidul yang dipimpin oleh Karolog Polda DIY Kombes Pol Kurdi.

Menyambut Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, pada Minggu (23/6) Polda DIY juga menggelar Bakti Kesehatan salah satunya ialah operasi katarak secara gratis untuk masyarakat umum bekerja sama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Yogyakarta, FK-KMK UGM, dan Baznas.

Bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY, peserta yang mengikuti operasi katarak hari ini telah ditargetkan sebanyak 45 orang.

Menurut Nugroho, semenjak dibuka pendaftaran pada 10 Juni, terhitung sebanyak 86 orang yang mendaftar untuk mengikuti operasi katarak.

"Namun, dari sekian pendaftar tersebut terdapat 45 orang yang berhasil lolos skrining kesehatan yang dilakukan sebelum terlaksananya operasi," ucapnya.

Pewarta : Luqman Hakim
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024