Jakarta (ANTARA) - Jajaran prajurit TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Laut Australia (RAN) merampungkan Latihan Bersama Cassowary Exercise (Latma Cassoex) 2024 di perairan perbatasan RI-Australia di Samudera Hindia.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada (Koarmada) III Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Senin, menjelaskan latihan yang diikuti oleh KRI Dorang-874 dari Koarmada III TNI AL dan HMAS Broome 90 dari RAN itu ditutup dengan sesi saling tukar cinderamata di atas geladak kapal perang Australia, Minggu (28/7).



Dalam acara penutupan itu, kata Doni, kapal perang dari dua negara itu menyelesaikan sesi terakhir latihan fase laut (sea phase), yaitu transfer barang antarkapal di tengah laut (RAS).

“Adapun sebelum penutupan, beberapa sesi latihan telah dilaksanakan di antaranya living harbour, manuver taktis, boarding exercise, RAS approach, peran penanggulangan kebakaran (PEK), dan prosedur penggeledahan kapal di tengah laut (VBSS),” kata Kadispen Koarmada III.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI AL dan RAN rampung latihan bersama di perbatasan RI-Australia

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024