Sleman, DIY (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera memperbaiki kerusakan 13 jembatan yang menjadi kewenangannya guna menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Di Sleman ini terdapat lebih dari 100 jembatan, berdasarkan survei yang dilakukan, ada 13 jembatan yang saat ini dalam kondisi rusak," kata Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Sleman Kusno Wibowo di Sleman, Kamis.

Menurut dia, jembatan yang rusak tersebut merupakan penghubung aktivitas masyarakat antar kecamatan atau antar desa yang menjadi akses masyarakat dalam beraktivitas bekerja, sekolah dan lainnya.

"Dari pengamatan yang kami lakukan, sebenarnya kondisi struktur jembatan masih bagus dan aman. Hanya saja yang rusak adalah kayu-kayu bantalan yang lapuk dan lapisan aspal yang mengelupas," katanya.

Ia mengatakan, perbaikan kerusakan jembatan tersebut diupayakan dilakukan secepatnya dengan skala prioritas untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan.

"Dalam upaya perbaikan dan perawatan jembatan-jembatan tersebut tentunya kami mengalami kendala, terutama terbatasnya SDM yang ada di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP), sehingga kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan asesmen terhadap kondisi jembatan-jembatan yang ada di Sleman.

"Kerja sama ini telah kami mulai dengan melakukan peninjauan kondisi beberapa jembatan. Nantinya, pengawasan dan perawatan jembatan ini akan dilakukan secara rutin, minimal satu tahun sekali," katanya.

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024