Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Amerika Serikat, melalui US Agency for International Development (USAID), bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelesaikan kolaborasi lima tahun melalui Proyek Economic Growth Support Activity (EGSA) untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

“Amerika Serikat bangga mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang hubungan kedua negara yang telah berlangsung selama 75 tahun. Sebagai kelanjutan kerja sama tersebut, USAID EGSA telah bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan direktorat untuk mendukung pencapaian tujuan Indonesia Emas 2045,” kata Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

USAID EGSA, yang diluncurkan pada 2019, bermitra dengan sejumlah kementerian kunci Pemerintah Indonesia, termasuk Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Lewat program penting ini, USAID mendukung upaya Pemerintah Indonesia mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju dengan ekonomi yang berkelanjutan, tangguh, dan inklusif.

Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Bappenas Eka Chandra Buana mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin dengan USAID EGSA.

“USAID telah membantu Bappenas dengan beberapa cara, termasuk persiapan peta jalan transformasi di Provinsi Kepulauan Riau, memfasilitasi persiapan transformasi ekonomi Kalimantan Timur, dan bagaimana menghitung dampak ekonomi terkait kebijakan ekonomi. Semua menjadi dasar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2025-2029,” kata Eka.

Direktur Perencanaan Keuangan Pembangunan Bappenas Mada Dahana mengungkapkan USAID EGSA memiliki kredibilitas yang tinggi yang membuat mudah untuk menemukan sumber-sumber relevan dan kompeten untuk mendukung studi kolaboratif dengan Bappenas.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AS dukung upaya Pemerintah RI wujudkan Indonesia Emas 2045

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024