Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Jumat, menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak bencana kekeringan yang berada di Kalurahan Kalirejo.

Kapolres AKBP Wilson F. Bugner Pasaribu di Kulon Progo, Jumat, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang mengalami kekurangan air bersih akibat musim kemarau panjang.

"Bakti sosial ini berlangsung di halaman rumah Bapak Sutarman, warga Sangon 1, Kalirejo dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di tiga pedukuhan yang terdampak kekeringan, yaitu Sangon 1, Plampang 2, dan Kalibuko 1," kata Wilson.

Ia mengatakan sebanyak lima armada air bersih dikerahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan air warga di daerah tersebut.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat mencukupi air bersih bagi masyarakat di Padukuhan Sangon," katanya.

Kapolres Kulon Progo Wilson F. Bugner Pasaribu mengatakan bahwa kegiatan penyaluran air bersih seperti ini sudah sering dilakukan oleh Polres Kulon Progo bekerja sama dengan instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Kami lihat bahwa kemarau ini cukup panjang, sehingga masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Kulon Progo untuk menyalurkan air secara rutin kepada masyarakat yang terdampak," katanya.

Ia juga menekankan bahwa bantuan ini tidak hanya ditujukan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan memasak, tetapi juga untuk kebutuhan pertanian dan ternak warga yang sangat membutuhkan air.

"Kami sudah melakukan pendataan, dan beberapa padukuhan yang terdampak kekeringan sudah terakomodasi. Kami akan terus melanjutkan kegiatan ini hingga kebutuhan air bersih masyarakat terpenuhi," katanya.

Kegiatan bakti sosial ini menjadi salah satu langkah penting dalam upaya menjaga stabilitas kehidupan masyarakat di tengah tantangan musim kemarau.

Dengan adanya penyaluran air bersih secara berkala, warga Kalirejo diharapkan dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan terbantu dalam mengatasi kekeringan yang melanda wilayah mereka.

Kapolres Kulon Progo juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan musim kemarau.

Ia berharap masyarakat bisa saling mendukung dan bekerja sama untuk menjaga lingkungan, serta tidak ragu melaporkan jika ada kebutuhan mendesak terkait kekeringan agar bantuan bisa segera diberikan.

"Kami harap masyarakat tetap berkoordinasi dengan kami jika mengalami kesulitan air. Kami, bersama BPBD dan pemerintah setempat, akan terus mendampingi masyarakat dalam menghadapi kondisi sulit ini," katanya.

Kegiatan penyaluran air bersih ini diakhiri dengan pembagian air kepada warga yang langsung disalurkan ke rumah-rumah. Semangat kebersamaan antara Polri, BPBD, pemerintah daerah, dan masyarakat terlihat sangat kuat dalam kegiatan ini, yang diharapkan terus berlanjut hingga musim kemarau berakhir.

Dalam kesempatan tersebut, Dukuh Sangon 1 Darman yang mewakili masyarakat dari ketiga pedukuhan yang menerima bantuan, mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Kulon Progo dan pemerintah Kabupaten Kulon Progo atas bantuan yang diberikan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kapolres Kulon Progo beserta jajarannya yang telah membantu kami dalam kondisi sulit seperti ini. Bantuan air bersih ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kalirejo, khususnya Sangon 1. Semoga kebaikan Kapolres dan jajaran mendapatkan imbalan yang setimpal dari Allah SWT," kata Darman.

Ia juga berharap musim hujan segera datang, mengingat musim kemarau yang berkepanjangan telah berdampak buruk bagi kehidupan sehari-hari warga.

"Jika kemarau terus berlanjut, warga berharap agar bantuan air bersih dapat kembali diberikan untuk meringankan beban mereka," katanya.

Pewarta : Sutarmi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024