Kulon Progo (ANTARA) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 03 Novida Kartika Hadi dan Rini Indriani mengikuti apel Hari Santri  di Lapangan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Semangat hari santri diperingati dilatar belakangi peristiwa dikeluarkannya resolusi jihad oleh KH Hasyim Asy'ari 22 Oktober 1945.

Peran santri, ulama bersama semua komponen rakyat Indonesia menjadi garda terdepan dalam sejarah perjuangan kemerdekaan RI, termasuk  dalam upaya mempertahankan kemerdekaan yang diperoleh dari sekutu yang ingin kembali menjajah bangsa Indonesia. 

Novida Kartika Hadi di Kulon Progo, Minggu, memberikan apresiasi dan penghargaan atas jasa para ulama beserta seluruh santri dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. 

"Pada masa sekarang ini, peran pesantren terus ditingkatkan menjadi lembaga strategis dalam pendidikan karakter dengan penguatan dakwah keagamaan, memupuk nasionalisme serta pengembangan budaya berlandaskan pancasila dan UUD 1945," kata Novida.

Ia mengatakan pemerintah daerah melalui Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2022 tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren, memuat fasilitasi pemerintah daerah kepada pesantren diantaranya dukungan sumber daya pendidikan, dukungan fungsi dakwah dan dukungan pemberdayaan pesantren.

Selain itu, lanjut Novida, pemerintah daerah bisa menjembatani kerjasama pesantren dalam upaya pemberdayaan kemandirian ekonomi pesantren dengan berbagai pihak di sektor pertanian, tenaga kerja, UMKM dan pariwisata.

" Terhadap hal tersebut, kami pasangan calon 03 menyatakan komitmen memberikan dukungan fasilitasi yang dibutuhkan pesantren melalui perencanaan daerah yang terukur," katanya.

Calon Wakil Bupati Bupati Kulon Progo Rini Indriani menyorot di daerah lain terjadi pelanggaran hukum terhadap santri, mengharapkan di Kulon Progo jangan sampai hal itu terjadi.

"Pemerintah daerah ke depan harus menjalin komunikasi intens dengan pesantren untuk mewujudkan pelayanan dan bimbingan kepada para santri dengan baik," kata Rini.

Seperti diketahui, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 03 Novida Kartika Hadi dan Rini Indriani peserta Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo diusung oleh PDI Perjuangan dan PKS.

Pewarta : SP
Editor : Sutarmi
Copyright © ANTARA 2024