Kulon Progo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan finalisasi materi debat publik untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Kulon Progo Aris Zurkhasanah di Kulon Progo, Jumat, mengatakan KPU membagi rancangan materi debat dalam sejumlah tema, meliputi tema sosial, ekonomi, lingkungan, serta tata kelola pemerintahan.

"Finalisasi ini, kami melibatkan unsur pemerintah, akademisi, hingga tokoh masyarakat," kata Aris di sela uji publik materi debat Pilkada 2024.

"Pada uji publik ini, permasalahan yang telah disusun akademisi agar ada tanggapan, kritik, maupun saran dari masyarakat," tambah Aris.

Menurut Aris, lewat uji publik ini, KPU bisa menyusun rancangan materi debat secara lebih mendalam sebab berbagai masukan tersebut akan menjadi bahan koreksi.

"Nanti akan kami sempurnakan lagi bersama panelis dan tim perumus materi debat," katanya.

Aris mengatakan panelis dan tim perumus melibatkan pakar yang ahli di bidangnya, termasuk unsur pemerintahan dan organisasi masyarakat.

Debat pasangan calon peserta Pilkada 2024 Kulon Progo akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, masing-masing pada tanggal 2, 9, dan 16 November 2024.

"Debatnya masing-masing terdiri dari calon wakil bupati, calon bupati, dan pasangan calon," kata Aris.

Debat Pilkada 2024 Kulon Progo rencananya disiarkan langsung melalui stasiun televisi. Masing-masing debat akan berlangsung selama 120 menit.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kulon Progo Hidayatut Toyyibah menambahkan melalui debat, pasangan calon akan mempertajam visi misinya. Penyampaian tersebut akan membantu masyarakat dalam menentukan pilihan.

"Visi misi yang mereka sampaikan akan menjadi penentu arah pembangunan di Kulon Progo jika nanti terpilih," katanya.

Pewarta : Sutarmi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024