Yogyakarta (ANTARA) - Jerawat yang membandel menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Jerawat di sekitar wajah merupakan sebuah bentuk peradangan kulit dan juga menganggu aktivitas sehari-hari. 

Jerawat tentu memengaruhi bentuk penampilan Anda. Keluhan mengenai tumbuhnya jerawat dapat dialami oleh siapa saja, walaupun lebih sering terjadi pada remaja masa pubertas.

Salah satu cabang organisasi kesehatan yaitu PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Kabupaten Mojokerto dengan alamat website pafikabupatemojokerto.org menjelaskan bahwa jerawat atau dalam istilah medis dikenal sebagai acne vulgaris, merupakan masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori kulit, khususnya folikel rambut, tersumbat oleh kotoran, debu, minyak, atau sel kulit mati.

Dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait penyebab terjadinya jerawat, PAFI Kabupaten Kulon Progo dengan alamat website pafikulonprogo.org melakukan kajian dan penelitian terkait penyebab utama terjadinya jerawat secara umum serta obat yang aman untuk di konsumsi oleh penderitanya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi jerawat serta rekomendasi obat untuk mengobati jerawat dengan baik.

Bagaimana cara mengatasi jerawat pada remaja maupun orang dewasa?
  Foto ilustrasi (ANTARA/HO- Freepik)

Jerawat dapat muncul pada remaja maupun orang dewasa akibat berbagai faktor. Faktor utama dari penyebab jerawat adalah perubahan hormon serta produksi minyak berlebih pada wajah. Kelenjar minyak (sebasea) yang terlalu aktif dapat menghasilkan sebum, yang dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Mengatasi jerawat pada remaja maupun orang dewasa memerlukan pendekatan yang tepat dan konsisten. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi jerawat:

1. Rutin mencuci muka setelah beraktivitas
Cuci muka dua kali sehari, di pagi dan malam hari, dengan sabun pembersih yang lembut dan berbahan dasar air. Hindari mencuci muka lebih dari dua kali, karena dapat menyebabkan kulit kering.

2. Perhatikan pola makan
Kurangi konsumsi makanan tinggi gula dan lemak jahat, seperti junk food. Sebaliknya, tingkatkan asupan sayuran dan buah-buahan untuk mendukung kesehatan kulit.

3. Jangan lupakan pelembap kulit
Gunakan pelembap yang bebas minyak untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membantu mencegah produksi minyak berlebih.

4. Lindungi kulit dari sinar matahari
Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 yang bersifat oil-free dan non- comedogenic untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat memperparah jerawat.

5. Hindari makeup berlebihan
Jika perlu menggunakan makeup, pilih produk yang non-comedogenic dan hindari penggunaan foundation atau concealer yang dapat menyumbat pori-pori. Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten, baik remaja maupun orang dewasa dapat mengatasi jerawat dengan lebih efektif dan meningkatkan kesehatan kulit mereka.

Apa saja rekomendasi obat untuk mengatasi jerawat?
  Foto ilustrasi (ANTARA/HO- Freepik)

Bagi Anda yang sedang mengalami jerawat di sekitar wajah, berikut adalah beberapa rekomendasi obat untuk mengatasi jerawat yang efektif, baik untuk remaja maupun orang dewasa:

1. Obat Salicylic Acid
Obat ini sangat ampuh untuk mengatasi jerawat di sekitar wajah, fungsi Asam salisilat dapat mengelupas sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, serta meredakan peradangan. Salicylic acid sering ditemukan dalam bentuk gel, lotion, atau sabun cuci muka.

2. Obat Benzoyl Peroxide
Alternatif lainnya, Anda dapat mencoba obat Benzoyl Peroxide yang bekerja sebagai antiseptik untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat dan membantu membuka pori-pori. Tersedia dalam bentuk gel atau krim.

3. Obat Tretinoin
Tretinoin merupakan obat oles untuk menghilangkan jerawat. Obat ini berfungsi untuk mempercepat pengelupasan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. Tretinoin biasanya digunakan sebagai pertolongan terakhir apabila jerawat pada
wajah Anda tidak kunjung hilang.

Jerawat dapat diatasi dengan berbagai upaya sederhana dan penanganan yang tepat, namun alangkah baiknya Anda dapat mengonsumsi obat-obatan yang di rekomendasikan.

Sebelum mengonsumsi obat-obatan ini, sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan apoteker atau dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat dan dosis yang sesuai.





 

Pewarta : SP
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024