Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda diharapkan menjadi momentum untuk mengajak semua pihak dalam mengembangkan potensi pemuda.

"Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mari bersama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia," kata Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bantul Adi Bayu Kristanto pada upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Bantul, Senin.

Hal itu sesuai dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 pada 2024, yaitu "Maju Bersama Indonesia Raya" menjadi pemantik semangat para pemuda untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, besar dan yang sejahtera.

Dia menjelaskan peringatan itu mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi dan melahirkan komitmen kebangsaan.

"Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan sesuai dengan kompetensi masing-masing," katanya.

Pihaknya juga mengajak semua pihak untuk memperbaiki kepedulian kepada pemuda Indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan.

"Serta dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan Indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda," katanya.

Pada 2024, Bantul memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan upacara di Lapangan Paseban. Upacara diikuti ratusan siswa dari beberapa sekolah dan perguruan tinggi, organisasi pemuda, serta aparatur sipil negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan Pemkab Bantul.*


Pewarta : Hery Sidik
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024