TK-SD Eksperimental Mangunan gelar "Bulan Mangunwijaya"

id romo mangun wijaya

TK-SD Eksperimental Mangunan gelar "Bulan Mangunwijaya"

Romo Mangunwijaya (antaranews.com)

Sleman  (Antara Jogja) - Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Eksperimental Mangunan, Jalan Solo Km12, Mangunan, Kalitirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan "open house" dalam rangka "Bulan Mangunwijaya" untuk mengenang Romo YB Mangunwijaya yang mendirikan sekolah ini.

"TK-SD Eksperimental Mangunan merupakan sekolah yang didirikan almarhum Romo Mangunwijaya. Bukan sekadar pendidikannya yang beliau perjuangkan, tetapi juga pendidikan untuk kaum lemah, miskin, tersingkir dan difabel," kata Ketua Panitia "Open House" TK-SD Eksperimental Mangunan Cahyono Wulandaru, Kamis.

Menurut dia, disain sekolah ini berbeda dengan sekolah pada umumnya. "Sekolah Eksperimental" menunjukkan bahwa siswa tidak hanya dibekali pengetahuan cara menghafal, tetapi siswa harus bereksperimen dengan objek yang dipelajari.

"Dengan kata lain sekolah ini mendesain proses pembelajaran yang terintegrasi sehingga dapat menumbuhkan jiwa anak menjadi manusia yang humanis," katanya.

Ia mengatakan, konsep Romo Mangun diterapkan di sekolah ini sejak 1994, yaitu ingin menumbuhkan orang-orang yang eksploratif, kreatif, integral dan komunikatif yang saat ini dikenal dengan PEKIK-Pembelajaran.

"PEKIK menjadi pedoman arah dalam mendidik siswa TK-SD Eksperimental Mangunan. Indikator eksploratif antara lain memiliki rasa ingin tahu yang besar, suka membongkar kemapanan, tidak takut salah, suka berpetualang, mampu menemukan alternatif atau jalan lain, memiliki sportivitas tinggi, berani mengambil risiko dan tidak mudah menyerah," katanya.

Cahyono mengatakan, sedangkan untuk indikator kreatif antara lain memiliki imajinasi yang kuat untuk mencipta, memiliki kebiasaan 5N yakni nonton (melihat), Ngeling-eling (mengingat), Niteni (mencermati), niru (meniru) dan nambahi (menambah).

"Selain itu juga berani mengambil risiko, berpikiran alternatif-lateral-problem solving dan menggunakan panca indera secara optimal untuk memperoleh pengetahuan," katanya.

Ia mengatakan, dalam rangka usaha mendukung target tersebut, TK-SD Eksperimental mangunan menggelar "open house" dengan tema "Kebersamaan untuk Meraih Keberhasilan" yang dilaksanakan pada 8 dan 9 Februari 2013.

"Kegiatan ini berisi antara lain renungan mengenang Romo YB Mangunwijaya, tabur bunga di makam Romo Mangunwijaya, pentas seni, bazar, pameran hasil karya siswa TK-SD Eksperimental Mangunan," katanya.

(V001)