Dikpora DIY: lembar jawaban bisa dipindai

id lembar jawaban

Dikpora DIY: lembar jawaban bisa dipindai

ilustrasi lembar jawaban UN (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta meyakinkan bahwa seluruh lembar jawaban Ujian Nasional 2013 yang dikeluhkan tipis oleh siswa masih bisa terbaca saat pemindaian.

"Keluhan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) yang tipis masih saja ada. Bahkan hari ini ada laporan LJUN yang terlipat. Kondisi seperti itu tidak akan memengaruhi proses pemindaian. Semuanya bisa terbaca," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY Baskara Aji di Yogyakarta, Selasa.

Pemindaian UN SMP/MTs akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY dengan menggunakan metode "image".

Baskara mengatakan, metode pemindaian "image" tersebut lebih mudah diaplikasikan bila dibanding pemindaian dengan metode lainnya.

"Meskipun LJUN tipis, namun dengan metode ini tidak akan berpengaruh pada proses pemindaian. Hasilnya juga bisa diperoleh dengan lebih cepat," kata Baskara.

Secara umum, Baskara mengatakan, pelaksanaan UN SMP/MTs hingga hari kedua di DIY berjalan dengan baik dan tidak ada kendala meskipun ada 25 siswa Ujian Paket B dari Kabupaten Gunungkidul yang harus mengikuti ujian di Kabupaten Klaten.

"Hingga hari ini, seluruh siswa Ujian Paket B dari Gunungkidul itu juga masih akan mengikuti ujian di Klaten. Kami mempertimbangkan kebijakan ini karena faktor lokasi. Jarak siswa ke Klaten lebih dekat dibanding harus ke tempat ujian di DIY," katanya.

Bagi siswa SMP/MTs yang tidak bisa mengikuti ujian reguler masih bisa mengikuti ujian susulan yang akan digelar pekan depan mulai Senin (29/4).

"Soal untuk ujian susulan SMP sudah ada. Nanti akan didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia UN Kota Yogyakarta Rochmad mengatakan, pada hari kedua pelakasnaan UN SMP/MTs terdapat 11 siswa yang tidak mengikuti ujian dengan alasan sakit.

"Jumlah siswa yang tidak mengikuti ujian pada hari ini sama dengan hari pertama. Namun, namanya saja yang berbeda," katanya.

Seluruh siswa tersebut bisa mengikuti ujian susulan yang akan digelar pekan depan sesuai dengan sub rayon masing-masing. Di Kota Yogyakarta terdapat lima sub rayon penyelenggara UN, yaitu di SMP Negeri 2 Yogyakarta, SMP Negeri 5 Yogyakarta, SMP Negeri 7 Yogyakarta, SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Negeri 9 Yogyakarta.

(E013)

 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar