Sleman gelar lomba masak mocaf antar-desa

id lomba memasak

Sleman gelar lomba masak mocaf antar-desa

ilustrasi (antarafoto.com)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  menggelar lomba memasak dengan bahan dasar tepung atau "modified cassava flour" antar-desa di Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa.

"Kegiatan ini diikuti 68 peserta, karena setiap desa mengirimkan empat peserta," kata Ketua Panitia Ny Octavianus.

Menurut dia, lomba dilaksaanakan secaraa berjenjang mulai tingkat desa hingga tingkat kecamatan, untuk tingkat desa diikuti 1.212 peserta/dusun.

"Untuk jenis olahan, olahan kudaapan basah dan kering. Masing-masing jenis lomba baik olahan basah maupun kering diambil lima juara," katanya.

Ia mengatakan, tujuan lomba tersebut untuk menekan penggunaan terigu di tingkat rumah tangga karena terigu tidak menjadi penghasilan petani dan memotivasi ibu rumah tangga untuk menggunakan "Modified Cassava Flour" (Mocaf) sebagai pengganti terigu.

"Disamping itu untuk memotivasi ibu rumah tangga untuk tidak tergantung pada pangan impor tetapi menghargai dan memanfaatkan produk bahan pangan lokal yang tersedia di sekitar masyarakat, juga sebagai upaya mengangkat produk pangan lokal menjadi produk makanan yang bergengsi," katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, kegiatan lomba memasak tersebut merupakan salah satu program dari tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman.

"Pelaksanaan lomba menggunakan bahan dasar tepung Mocaf. Tepung Mocaf adalaah salah satu jenis tepung dari potensi pangan lokal yang berasal dari Ubi Kayu yang telah diolah melalui proses fermentasi, sehingga menghasilkan tepung yang memiliki sifat bahan setara dengan tepung terigu dengan protein sedang," katanya.

Ia mengatakan, salah satu tujuan penggunaan Mocaf untuk memperkenalkan dan menginspirasi masyarakat untuk mencintai produk lokal yang telah bergeser kedudukannya oleh tepung terigu, dimana dalam kaetersediaannya harus mendatangkan dari luar negeri.

Juri acara ini berasal dari Pusat Kajian Makanan Tradisional Prof Dr Agnes Murdiyati, MS dan Amalia, S.T.P. Sedang dari Tarakanita College Yogyakarta Ir Maria Amrijati Lubijarsih, MP dan FI. Nurwahyuni Idayati, SE,M.Par, Politeknik Kesehatan Yogyakarta Ir. Sumirah, M.Kes dan Lidwines Agus Noviantono dari Wahyu Austin Rumah Pastry and Culinary.
(V001)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024