Wisatawan Rusia yang tersesat di Merapi ditemukan

id wisatawan rusia

Wisatawan Rusia yang tersesat di Merapi ditemukan

Gunung Merapi (Foto Antara/Sigit Kurniawan)

Sleman (Antara Jogja) - Tim SAR Gabungan, Kamis, berhasil menemukan posisi wisatawan asal Rusia Ehbrehnin Yevgeny (26) yang tersesat di lereng Gunung Merapi, Kecamatan Cangringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta..

"Survivor asal Rusia tersebut ditemukan di kawasan utara Jantungan atau 600 meter sebelah barat Bukit Srimanganti sekitar pukul 13.46 WIB," kata Komandan SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brotoseno di Posko Aju Kinahrejo, Cangkringan, Sleman.

Menurut dia, survivor ditemukan dalam keadaan selamat, dan hanya mengalami kelelahan serta beberapa luka lecet.

"Saat ini sedang dilakukan pemulihjan terhadap kondisi survivor dengan diberi makan dan pengobatan. Diharapkan nanti evakuasi korban ini bisa tanpa tandu, atau korban berjalan sendiri," katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya posisi korban sudah ditemukan sejak Kamis pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB oleh tim SAR SRU sembilan, namun karena terhalang jurang maka tim tidak dapat mendekat.

"Kemudian tim SRU delapan yang berada di dekat posisi korban langsung berusaha mendekat dan berhasil menemukan korban," katanya.

Brotoseno mengatakan, saat ini sedang dilakukan upaya penjemputan dan evakuasi terhadap korban setelah kondisinya lebih baik.

"Diperkirakan evakuasi ini akan menempuhj waktu sekitar dua jam. Selanjutnya korban akan kami serahterimakan ke pihak Polda DIY," katanya.

0direktur Satuan Sabhara Polda DIY Kombes Pol Yulza Sulaiman mengatakan setelah serah terima nanti pihaknya akan melakukan upaya penanganab dasar dulu dengan membawa ke rumah sakit terdekat.

"Kami juga telah menghubungi Kedutaan Besar Rusia untuk mengabarkan kondisi korban saat ini," katanya.

Seperti diberitakan, korban pada pukul 13.00 WIB, Sabtu (10/8) berkunjung ke objek wisata Volcano Tour di Kinahrejo, Cangkringan bersama teman wanitanya bernama Ester, warga Indonesia, yang tinggal di daerah Nologaten, Depok, Sleman.

Kemudian, keduanya kembali ke Kota Yogyakarta. Dalam perjalanan, korban mengatakan kepada Ester kalau berkeinginan melakukan pendakian sampai ke puncak Merapi.

Pada petangnya, wisatawan Rusia tersebut kembali ke daerah Kinahrejo sendiri dengan mengendarai sepeda motor rental merk Honda Vario AB 2278 AF.

Motor tersebut dititipkan di Ngrangkah, Umbulharjo, dan dirinya berjalan sendiri ke puncak. Pada Minggu (11/8) pukul 19.25 WIB, yang bersangkutan mengirimkan pesan singkat (sms) kepada Ester kalau dirinya merasa tersesat.

Dirinya meminta kepada Ester agar Senin pagi balik ke sini (Merapi) untuk mencarinya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024