Presiden bangga dengan komodo

id komodo

Presiden bangga dengan komodo

Komodo di NTT (( antaranews.com))

Labuan Bajo (Antara Jogja) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan bangga dengan komodo (varanus commodoensis) sebagai bagian dari daya tarik wisatawan mancanegara ke Nusa Tenggara Timur.

"Komodo itu satu-satunya binatang purba yang masih hidup dan hanya ada di Pulau Komodo, NTT," kata Presiden SBY pada puncak Sail Komodo 2013 di Pantai Pede, Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu.

Presiden mengatakan, penetapan Komodo sebagai salah satu kajaiban dunia pada 2012 silam, telah memberikan berkah tersendiri bagi daerah ini.

Selain itu, Pulau Komodo yang sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan alam dunia oleh UNESCO telah menjadi peluang besar untuk pengembangan pariwisata di daerah ini.

"Dengan ini pariwsata bisa dikembangkan. Komodo punya daya tarik besar bagi dunia," kata Presiden SBY.

Presiden berharap, pelaksanaan Sail Komodo dapat menjadi model pengembangan pembangunan di daerah maritim, seperti Nusa Tenggara Timur yg berkepulauan ini.

Pemerintah menurut Presiden SBY menetapkan Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu kawasan pengembangan pembangunan di Indonesia tengah dengan memperkuat sejumlah simpul pembangunan di antaranya, simpul pertanian, peternakan, perikanan dan simpul pariwisata sendiri.

Pemerintah daerah di Nusa Tenggara Timur diharap bisa menjalin kerja sama yang sinergis, dengan tetap berpedoman kepada arah dan kebijakan pembangunan serta MP3EI.

"Jagalah kebersihan laut dan pantai, agar tetap bersih dan asri, sehingga tetap menjadi daya tarik," katanya.

Presiden juga mengaku telah mengabadikan nama 'Komodo' sebagai nama salah satu kendaraan tempur darat buatan Indonesia, yang kecanggihannya tidak kalah dengan milik negara lain.

"Untuk penamaan bagi peralatan persenjataan lainnya, akan dibicarakan secara bersama," katanya.
(KR-YHS)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024