Lukisan tiga panel Francis Bacon termahal

id lukisan tiga panel

Lukisan tiga panel Francis Bacon termahal

Francis Bacon (Foto es.wikipedia.org)

New York (Antara/Reuters Jogja) - Lukisan tiga panel karya  Francis Bacon yang berjudul "Three Studies of Lucien Freud", Selasa, menjadi karya seni paling mahal yang pernah dijual dalam lelang  ketika terjual dengan harga 142,2 juta dolar di balai lelang Christie.

Lukisan tiga panel yang dibuat pada 1969 itu, yang belum pernah ditawarkan di lelang sebelumnya dan menurut perkiraan awal akan terjual senilai 85 juta dolar ternyata dengan mudah melampaui harga "The Scream" karya Edvard Munch yang terjual seharga 119,9 juta dolar pada Mei tahun lalu di balai lelang Sotheby.

Rekor penjualan sebelumnya untuk sebuah karya seni Bacon adalah 86,3 juta dolar pada 2008.

Lukisan monumental itu menampilkan sahabat pelukis kelahiran Dublin dan sesama artis ,Lucian Freud, tengah duduk di sebuah kursi  dengan sudut pandang dari masing-masing sisi dan tampak depan.

Balai lelang Christie menyebutnya sebagai "sebuah karya seni hebat yang menandai hubungan Bacon dan Freud" dan "hubungan kreatif dan emosional."
  
Penawaran dibuka pada harga 80 juta dolar. Lukisan itu akhirnya terjual setelah perang penawaran berlarut-larut baik di dalam ruang penjualan yang penuh sesak peminat di New York atau melalui telepon. Balai lelang Christie tidak mengungkapkan identitas pembeli yang beruntung itu.

"Three Studies of Lucian Freud" juga merupakan salah satu dari hanya dua lukisan tiga panel seluruh tubuh dari Freud, cucu dari pakar psikoanalisis Sigmund Freud. Tiga panel lukisan itu tercerai berai  selama 15 tahun sebelum dikumpulkan pada tahun 1970an, kata balai lelang Christie .

Lelang itu juga mencatat rekor lain yang signifikan yaitu harga tertinggi bagi karya seniman yang masih hidup ketika patung besar Jeff Koons berjudul " Balloon Dog (oranye)", terjual seharga 58,4 juta dolar, jauh lebih tinggi dari rekor sebelumnya yaitu "Domplatz, Mailand (Cathedral Square, Milan) karya Gerhard Richter yang terjual 37,1 juta dolar awal tahun ini .

Pejabat Lelang mengatakan bahwa munculnya para kolektor baru berkantung tebal dari seluruh dunia telah mendorong harga karya seni kelas dunia itu ke tingkat tertinggi.

Pada kajian terbarunya, kepala divisi seni pascaperang dan kontemporer balai lelang Christie, Brett Gorvy , mencatat jika kolektor dari Asia, Rusia dan Timur Tengah yang memiliki banyak uang tunai bertekad untuk memiliki koleksi-koleksi seni kelas dunia.

(G.N.C. Aryani)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024