Sleman gelar reli motor "Tour de Merapi"

id merapi

Sleman gelar reli motor "Tour de Merapi"

Ilustrasi, Peserta Tour de Merapi 2012. (Foto mtsngemolong.sch.id)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar event reli motor wisata bertajuk "Tour de Merapi" 2015, Minggu, 7 Juni.

"Tour de Merapi (TDM) kali ini mengambil start di destinasi wisata baru Sindu Kusuma Edupark (SKE) Jalan Jambon, Mlati, Sleman, dan finish di Gardu Pandang Kaliurang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, pendaftaran peserta dibuka sejak awal Mei dan ditutup hingga 1 Juni 2015.

"Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabbupaten Sleman dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) DIY," katanya.

Ia mengatakan kegiatan "Tour de Merapi" selain mengenalkan objek wisata dan lingkungan di Kabupaten Sleman, juga mengajak peserta untuk menikmati objek wisata dan alam Sleman.

"Dengan kegiatan ini diharapkan peserta memiliki kesan terhadap wisata dan alam Sleman sehingga di lain waktu para peserta bisa mengajak anggota keluarga dan handai taulan yang lain untuk berame-rame kembali menikmati destinasi wisata di Sleman," katanya.

Ayu mengatakan, Jarak tempuh TDM 2015 kurang lebih sepanjang 70 kilometer melewati berbagai destinasi wisata di Sleman, diantaranya sejumlah desa wisata seperti Desa Wisata Brayut, Tanjung, Kembangarum, Pulesari, Ledoknongko, Agrowisata Salak Pondoh, Desa Wisata Grogol.

"Kemudian Sentra Kuliner Belut Godean, Desa Wisata Religi Mlangi, Monumen Jogja Kembali, jalur kuliner Jalan Palagan, Candi Kimpulan di UII, Desa Wisata Pentingsari, kawasan Volcano Tour Cangkringan dan Kawasan Kaliurang," katanya.

Ia mengatakan, rute yang akan ditempuh akan melewati sembilan wilayah kecamatan se Kabupaten Sleman yaitu Kecamatan Sleman, Ngaglik, Turi, Tempel, Seyegan, Godean, Gamping, Cangkringan dan Pakem.

"Sehingga reli motor wisata ini sangat cocok bagi kalangan remaja dan keluarga yang ingin refreshing sekaligus berwisata ke berbagai objek Sleman melalui rute jalur jalan yang eksotis menghubungkan antar destinasi wisata," katanya.

Bahkan yang lebih menarik, kata dia, jalur yang akan ditempuh melewati jalur yang menarik di kawasan bekas terimbas erupsi Merapi di kawasan Cangkringan.

"Ini akan menjadi tantangan dan kesan tersendiri bagi para peserta. Mereka akan dapat menjadi saksi terhadap program recovery yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan kondisi riil hingga saat inia," katanya.

Pendaftaran peserta dilaksanakan mulai awal Mei hingga 1 Juni 2015 atau bila quota 500 motor berboncengan terpenuhi dengan syarat fotocopy STNK, foto kopi SIM. Pendaftaran dilakukan dengan datang langsung di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Jalan KRT. Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman telepon 0274-869613.

Pendaftaran juga dilayani di Sekretariat IMI DIY Jalan Masjid No 5-A Puro Pakualaman Yogyakarta.

Biaya pendaftaran sebesar Rp120.000 per motor untuk pendaftaran sebelum 1 Juni 2015, Pendaftaran 2 hingga 7 Juni 2015 sebesar Rp150.000. Fasilitas peserta berupa satu jaket, kaos, konsumsi dan kupon undian untuk memperebutkan doorprize utama dua buah sepeda motor dan sejumlah doorprize lainnya.***1***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024