Dishub Bantul akan menyiapkan posko Lebaran

id posko lebaran

Dishub Bantul akan menyiapkan posko Lebaran

Ilustrasi (Foto antarayogya.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mempersiapkan posko Lebaran di sejumlah titik menghadapi kepadatan lalu lintas selama libur hari raya tersebut.

"Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat yang masuk ke Bantul tidak bisa diprediksi, untuk itu kami perlu aktifkan posko Lebaran seperti tahun kemarin," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Suwito di Bantul, Jumat.

Menurut dia, posko Lebaran yang akan disiapkan di beberapa titik persimpangan di kawasan padat lalu lintas tersebut untuk mengurai kemacetan arus kendaraan, dengan cara mengalihkan ke jalur alternatif.

Ia mengatakan, hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) DIY, bahwa prediksi kendaraan pribadi roda empat yang masuk ke wilayah DIY naik sekitar 7,09 persen, sementara roda dua naik 5,3 persen.

"Ada lonjakan kepadatan arus lalu lintas di wilayah DIY saat libur Lebaran, yang sebagian menuju ke Bantul, makanya (kepadatan arus) akan kami pecah baik melalui jalur utara maupun selatan," katanya.

Selain untuk mengatur arus lalu lintas, lanjut dia, di posko Lebaran itu juga disiapkan pemandu informasi baik untuk pemudik agar mengetahui jalur-jalur yang akan dilewati serta jalur yang perlu dihindari agar tidak terjebak kemacetan.

"Kami juga menyiapkan petugas pemantau alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), sehingga jika sewaktu-waktu ada rambu-rambu yang rusak bisa segera melakukan perbaikan," katanya.

Suwito mengatakan, dalam pengendalian dan pengaturan arus lalu lintas selama libur Lebaran 2015, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) DIY dan kepolisian resor (polres).

"Kami harus mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi Lebaran, tentunya harus koordinasi dengan Dishubkominfo DIY dan Polres Bantul, dalam bertugas semua personel institusi itu saling mendukung," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024