BPCB segera selesaikan satu Candi Perwara Prambanan

id candi perwara

BPCB segera selesaikan satu Candi Perwara Prambanan

Arkeolog BPCB Yogyakarta mengamati uji coba susunan batuan candi perwara di Komplek Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (Antara Jogja) - Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta saat ini telah menyelesaikan sekitar dua per tiga pemugaran Candi Perwara ke empat di kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saat ini pemugaran Candi Perwara ke empat sudah mencapai dua per tiga, sudah sampai struktur bangunan candi yang atas," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, Senin.

Menurut dia, pemugaran yang sudah berlangsung hampir satu tahun tersebut harus dilakukan dengan kerja keras mulai dari pengumpulan batu, mencocokkan antarbatu hingga penyusunan kembali.

"Saat mulai pemugaran kondisi bebatuannya masih berserakan dan keutuhannya juga belum terjamin. Saat ini bangunan candi sudah mulai nampak," katanya.

Ia mengatakan, bahkan saat mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama keluarga berlibur ke Candi Prambanan pada 29 Juni 2017 juga sempat masuk ke candi perwara ke empat ini.

"Obama sempat masuk ke area pemugaran dan melihat langsung bagaimana proses pemugaran dan sistem kait antarbatu," katanya.

Candi Perwara yang merupakan candi pendamping di kompleks Candi Prambanan ini total berjumlah 224 unit. Dua unit sudah dipugar pada masa jaman penjajahan Belanda.

BPCB Yogyakarta baru berhasil memugar satu unit, pada 2015, yang menghabiskan waktu lebih dari dari delapan bulan.

Wahyu mengatakan, dalam pemugaran candi sendiri, memang membutuhkan waktu yang lama. Setelah dilakukan studi kelayakan, baru studi teknis.?

"Bebatuan yang rusak pun diperbaiki. Untuk kemudian, dibersihkan sebelum dikembalikan ke posisinya semula. Mendirikan candi itu tidak seperti membangun rumah," katanya.

Dia mengatakan seluruh Perwara tersebut, ke depan memang akan diteliti, termasuk isi-isi peripihnya.

"Jadi bisa membandingkan, peripih antara Candi Perwara itu beda atau tidak. Kalau beda gimana, kalau tidak juga gimana," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024