Perguruan tinggi diharapkan hasilkan SDM berkualitas

id Perguruan tinggi

Perguruan tinggi diharapkan hasilkan SDM berkualitas

Mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) mengikuti pengenalan kehidupan kampus bela negara. (Foto istimewa)

Yogyakarta,(Antara Jogja) - Perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan modal sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, kata Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) Sari Bahagiarti.

"Untuk itu, UPNVY akan menyiapkan modal insani yang tidak hanya sekadar sumber daya, tetapi juga investasi insani yang tanggap,
tanggon, tangguh, dan trengginas dengan dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas dalam menghadapi persaingan global," katanya di Yogyakarta, Senin.

Pada Penyambutan Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara, Sari mengatakan, tantangan bagi dunia pendidikan pada era globalisasi semakin banyak sehingga harus dapat diantisipasi oleh perguruan tinggi dengan menyiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia berkualitas.

"Saat ini UPNVY diberikan amanah mendidik sekitar 14 ribu mahasiswa yang berasal dari 26 program studi. Sebanyak 1.090 mahasiswa di antaranya merupakan peserta beasiswa program Bidikmisi," katanya.

Menurut dia, pada penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 jumlah peserta beasiswa program Bidikmisi sebanyak 263 mahasiswa, yaitu 145 mahasiswa berasal dari jalur SNMPTN dan 118 dari jalur SBMPTN.

"Seluruh mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 diharapkan dapat mengikuti langkah para senior dalam berprestasi, baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional," kata rektor di depan 2.342 mahasiswa baru.

Ia mengharapkan mahasiswa baru bersiap diri dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Selain itu, mahasiswa baru diharapkan juga bergabung dengan 52 organisasi kemahasiswaan dalam mengembangkan sosialisasi dan kemampuan berorganisasi.

"Dengan berorganisasi diharapkan dapat meningkatkan `soft skill` dalam meningkatkan pola pikir, tindakan, dan prestasi. Empat tahun lagi bahkan kurang, mahasiswa baru saat ini akan bertemu kembali untuk mengikuti wisuda," kata Sari yang juga Guru Besar Fakultas Teknologi Mineral UPNVY itu.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024