BCA bangun Taman Bermain Ngadiprono

id Bca

BCA bangun Taman Bermain Ngadiprono

Komisaris BCA Cyrillus Harinowo (tiga dari kanan) ikut bermain dengan sanggar anak Desa Ngadimulyo. Ikut mendampingi Sapto Rachmadi (paling kanan) dan Inge Setiawati (dua dari kiri). (Foto istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) membangun Taman Bermain Ngadiprono di Desa Ngadimulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sebagai bentuk komitmen mengembangkan potensi pariwisata di Indonesia berdasarkan prinsip geopariwisata.

"Taman bermain itu dibangun setelah BCA berkolaborasi dengan Spedagi dan Komunitas Mata Air melakukan pendampingan terhadap pendirian Pasar Papringan Ngadiprono," kata Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Minggu (19/11).

Pada peresmian Taman Bermain Ngadiprono, Cyrillus mengatakan taman bermain itu dirancang secara khusus sebagai wadah aktivitas sosial lintas generasi di Desa Ngadimulyo, dan merupakan kelanjutan dari pengembangan Pasar Papringan Ngadiprono.

"Kami percaya setiap desa memiliki potensi positif yang dapat dikembangkan sesuai kearifan lokalnya masing-masing," kata Cyrillus didampingi Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, Vice President CSR BCA Sapto Rachmadi, dan Kepala Desa Ngadimuljo Muhammad Amin.

Ia berharap dukungan aktif BCA terhadap pengembangan Pasar Papringan Ngadiprono dan Taman Bermain Ngadiprono itu dapat menjadi lokomotif pendorong bagi desa-desa lainnya untuk berbenah menggali dan membuktikan kualitas terbaiknya.

Cyrillus mengatakan dukungan BCA terhadap pengembangan Komunitas Pasar Papringan telah berlangsung sejak 2016 berawal dari partisipasi dalam penyelenggaraan "The 2nd International Conference on Village Revitalization", yang berlanjut dengan pendampingan pendirian Pasar Papringan Ngadiprono.

"Antusiasme yang tinggi terhadap Pasar Papringan Ngadiprono mendorong inisiatif BCA merealisasikan pembangunan Taman Bermain Ngadiprono yang dirancang sebagai area bermain anak dan keluarga di lingkungan Desa Ngadimulyo," katanya.

Menurut dia, sejumlah kontribusi BCA di antaranya membangun infrastruktur jalan trasah batu area taman bermain, mendirikan Keong Bambu sebagai shelter perpustakaan keliling, dan pengadaan kebutuhan perpustakaan keliling.

Selain itu juga pengadaan instrumen permainan tradisional bermaterial alam seperti ayunan, jungkat jungkit, panjat bambu, gapyak, egrang, dan dakon.

"Semoga pembangunan Taman Bermain Ngadiprono itu dapat bermanfaat menjadi wadah interaksi antarwarga Desa Ngadimulyo yang memungkinkan pewarisan keterampilan dan kearifan lokal dari satu generasi ke generasi berikutnya," kata Cyrillus.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024