Bantul angkat potensi wisata melalui "Java Promo"

id Bantul angkat potensi wisata melalui Java Promo

Dinas Pariwisata Kab. Bantul. dok (Dinas Pariwisata Bantul)

Bantul - (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengangkat potensi wisata setempat melalui "Java Promo", sebuah forum kerja sama pengembangan pariwisata kabupaten/kota di DIY-Jawa Tengah.

"Kegiatan famtrip (perjalanan wisata) `Java Promo`, program kerja sama promosi wisata DIY-Jateng tahun ini dilakukan selama tiga hari yaitu 5,6 dan 7 Desember 207," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudi Riani di Bantul, Kamis.

Menurut dia, kegiatan Java Promo DIY-Jateng kali ini untuk di wilayah Bantul mengunjungi dua objek wisata yaitu Desa Wisata Krebet yang dikenal sentra batik kayu dan wisata kuliner ingkung Kalak Ijo yang ada di Pajangan.

Ia mengatakan, dua objek wisata di Bantul ini dipilih untuk dikunjungi perwakilan anggota Java Promo karena, pihaknya melihat potensi wisata yang masih bisa berkembang, apalagi telah menjadi ikon wisata khas Bantul.

"Famtrip Java Promo ini dilaksanakan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) yang diikuti 16 anggota perwakilan kabupaten/kota se-DIY-Jateng, jadi mereka berkeliling ke objek-objek wisata yang ada di DIY dan Jateng termasuk Bantul," katanya.

Nyoman mengatakan, dalam kegiatan perjalanan wisata Java Promo DIY-Jateng selain dilakukan konsolidasi semua anggota, juga mempromosikan potensi wisata masing-masing, termasuk bagaimana mengoptimalkan pengembangan pariwisata.

"Kegiatan Java Promo sudah sejak beberapa tahun lalu dan lokasi yang dikunjungi berbeda tiap tahunnya, dan pada kali ini ada program pembuatan film pendek dengan mengambil latar belakang destinasi wisata," katanya.

Ia menjelaskan, selama beberapa tahun program kerja sama promosi wisata DIY-Jateng berjalan diakui sudah ada dampak yang dirasakan bagi Bantul, yaitu selain turut serta dalam pameran wisata juga adanya peningkatan kunjungan wisatawan.

"Bahkan dalam waktu dekat ini rencananya dari tim Java Promo akan membawa tamu ratusan orang dari Malaysia ke Kalak Ijo, tentu kita menyambut baik ini, karena bisa mengenalkan potensi wisata Bantul ke mancanegara," katanya.***1*** (T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar