FIFA mengusulkan pementasan Piala Dunia mini dua tahunan

id fifa

FIFA mengusulkan pementasan Piala Dunia mini dua tahunan

FIFA (Foto Istimewa)

Zurich (Antaranews Jogja/Reuters) - Presiden FIFA Gianni Infantino mengusulkan pementasan turnamen baru bernama Piala Dunia mini, yang menampilkan delapan tim internasional, digelar setiap dua tahun berdampingan dengan kompetisi rutin yang ada selama ini.

Turnamen, yang dikenal sebagai "Final 8", akan menjadi puncak dari kompetisi global Liga Negara-Negara, yang merupakan bagian dari rencana ambisius untuk mereformasi sepak bola internasional dan diyakini FIFA bernilai 25 miliar dolar AS dalam siklus 12 tahun.

Dalam satu suratnya, Infantino menyarankan bahwa turnamen baru itu akan berlangsung setiap bulan Oktober dan/atau November dan akan dimulai pada 2021.

Dia mengatakan bahwa kelompok investor yang "solid dan serius" bersedia membelanjakan 25 miliar dolar AS untuk kompetisi dan versi perubahan dari Piala Dunia antar-Klub, yang juga akan dimulai pada 2021 dengan 24 tim.

Piala Konfederasi, yang saat ini diselenggarakan setiap empat tahun dan berselang setahun sebelum Piala Dunia, akan dihapuskan.

Surat itu tidak secara jelas menunjukkan berapa banyak slot akan dialokasikan untuk masing-masing regional.

Rencana itu dikirim Infantino kepada anggota Dewan Pengambil Keputusan FIFA yang masih harus menyetujuinya.

Badan sepak bola Eropa UEFA dan mitranya untuk kawasan Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF), telah menyiapkan kontes Liga antar-Negara di benua mereka sendiri.

Dalam kedua kasus itu, kompetisi melibatkan semua tim nasional di negara masing-masing yang dibagi menjadi divisi berdasarkan peringkat mereka.

Ada promosi dan degradasi antar-divisi, seperti dalam liga klub domestik konvensional. Kompetisi perdana UEFA akan dimulai pada bulan September tahun ini.

Benua lain harus menyiapkan kompetisi serupa agar turnamen bisa berlangsung.