Menpora menegaskan Asian Games tetap berlanjut

id imam

Menpora menegaskan Asian Games tetap berlanjut

Menpora Imam Nahrawi (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan pelaksanaan Asian Games akan terus berlanjut meski terjadi sejumlah serangan teror di Indonesia.

"Harus tetap berjalan dalam kondisi apapun, tidak boleh mundur sejengkal pun," kata Imam di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Asian Games akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Ini langkah proaktif dan keseriusan dari pemerintah khususnya Bapak Presiden, dimana di istana pun kita tunjukkan maskot-maskot yang akan memberikan warna sekaligus inspirasi bagi seluruh penyelenggaran dan atlit Asian Games," kata Imam.

Di beberapa lokasi di kompleks Istana Kepresidenan terpasang sejumlah maskot Asian Games yaitu Bhin Bhin, seokor burung cendrawasih berwarna kuning mengenakan rompi dengan motif asmat dari Papua, Atung, seokor rusa bawean warna cokelat yang mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta dan Kaka, seekor badak bercula satu yang mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

"Patung-patung maskot ini sesungguhnya dalam rangka terus mengajak kepada kita semua bahwa Asian Games harus tetap berjalan dalam kondisi apapun karena semangatnya sudah ditunjukkan," tambah Imam.

Promosi lain juga dilakukan dalam bentuk "branding" mobil para pejabat, katanya.

"Aparat keamanan tetap bersiap siaga dan tentu kita akan menerapkan standar profesional yang telah ditetapkan, sebelum terjadi teror pun koordinasi pengawasan berjalan dengan baik dan semua disampaikan kepada ASEAN maupun negara peserta," ungkap Imam.

Menurut Imam, Asian Games masih tiga bulan dan sebentar lagi masuk ke bulan Ramadhan sehingga menjadi momentum untuk beribadah.

"Apalagi orang yang beragama pasti menghormati semua, ini jadi hajat Asia dan kita menghormati setiap tamu yang datang, dari negara manapun Arab Saudi, Yaman, Afghanistan, Pakistan akan kita terima dengan baik dan kita harus menyiapkan itu dengan baik," ungkap Imam.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024