Dua pebalap BMX ke final Kejuaraan Asia

id bmx

Ilustrasi (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Dua pebalap BMX putra Indonesia sukses melangkah ke final Kejuaraan Asia BMX 2018 di Chai Nat, Thailand, Minggu (27/5), setelah pebalap yang disiapkan untuk Asian Games 2018 itu tampil bagus dikualifikasi.

Manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Jakarta, Sabtu mengatakan dua pebalap Indonesia yang lolos ke final adalah Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra. Sedangkan satu pebalap lainnya, Tony Syarifudin harus tersingkir lebih awal.

"Saat kualifikasi dibagi dua grup. Rio yang berad di grup 1 sedikit diuntungkan karena banyak rider andalan Jepang yang 'crash' sebelum 'race' sehingga untuk melaju ke final sedikit lancar," ungkapnya.

"Untuk grup 2, kita menempatkan dua wakil yaitu Bagus san Tony. Di grup ini sangat kompetitif untuk masuk empat besar. Di sini Tony mengalami 'crash' dua kali. Sedangkan Bagus poinnya tipis untuk masuk sehingga berpengaruh pada 'coice position' besok," ucapnya, menambahkan.

Berdasarkan hasil kualifikasi, Rio Albar bakal melakukan pemilihan posisi (coice position) untuk laga final pertama kali, sedangkan Bagus berada di posisi tujuh. Hasil di sini akan menentukan peluang pebalap Indonesia meraih hasil yang terbaik.

Pada laga final ini, pebalap asal Indonesia ini akan bersaing dengan pebalap Jepang Tatsumi Matsushita dan Taichi Ikegami, satu pebalap China Chaolei Huang dan tiga pebalap tuan rumah Thailand Phitchayut Kongson, Sitthicok Kaewsrikhao dan Nonthakon Inkhoksong.

"Mohon doa restu agar pebalap Indonesia mampu meraih hasil yang terbaik," ujar Budi, menegaskan.

Kejuaraan Asia BMX 2018 bisa dikatakan sebagai miniatur Asian Games 2018 Jakarta-Palembang karena semua pebalap terbaik Asia turun. Dengan demikian, kekuatan pebalap akan terlihat pada kejuaraan tahunan ini.

Persaingan di babak final ini dipastikan bakal berlangsung dengan ketat. Namun, pebalap Indonesia sudah dibekali kemampuan yang mumpuni setelah sebelumnya turun di dua kejuaraan dunia di Belanda dan Belgia. Bahkan sebelumnya menjalani pemusatan latihan di Prancis.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar