Puncak mudik Terminal Giwangan H-2

id terminal giwangan

Puncak mudik  Terminal Giwangan H-2

Ruang tunggu terminal giwangan yogyakarta, (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Puncak arus mudik di Terminal Giwangan Yogyakarta pada masa Angkutan Lebaran 2018 diperkirakan terjadi pada H-2 Lebaran atau Rabu (13/6) dengan sekitar 20.000 penumpang.
   
“Sampai saat ini, belum terlihat peningkatan jumlah penumpang yang datang maupun diberangkatkan dari Terminal Giwangan,” kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Kamis.
   
Menurut dia, penumpang bus pada masa Angkutan Lebaran 2018 diperkirakan akan kembali mengalami penurunan sekitar empat persen dibanding tahun lalu.
   
Kondisi tersebut, lanjut dia, dipengaruhi oleh berbagai hal di antaranya, bus menjadi moda transportasi pilihan terakhir dari pemudik setelah moda transportasi lain seperti pesawat terbang, kereta api dan kendaraan pribadi.
   
“Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan tahun ini karena libur Lebaran cukup panjang dan tersedianya infrastruktur seperti jalan tol yang sudah bisa dilalui,” katanya.
   
Sedangkan puncak arus balik dari Terminal Giwangan diperkirakan terjadi pada H+7 dengan sekitar 21.000 penumpang.
   
Hingga saat ini, Terminal Giwangan Yogyakarta belum menyiapkan bus cadangan namun sudah berkoordinasi dengan Organda apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang.
   
“Tahun lalu, ada 886 bus tambahan yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan. Kemungkinan, tahun ini jumlah bus tambahan yang diberangkatkan juga turun. Kami perkirakan, jumlah bus yang masuk ke terminal turun 0,6 persen,” katanya.
   
Meskipun demikian, Terminal Giwangan akan menjadi titik penurunan penumpang yang mengikuti program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan serta sejumlah instansi lain seperti Jasa Raharja.
   
“Akan ada 50 bus mudik gratis dari Kemenhub dengan 2.025 penumpang dan 27 bus dari Jasa Raharja yang masuk terminal, ditambah lima truk yang membawa sepeda motor pemudik,” katanya. 
   
Bus mudik gratis diperkirakan tiba di Giwangan pada 10 Juni 2018.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024