Pedrosa akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim

id pedrosa

Pedrosa akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim

Dani Pedrosa (Foto Antara)

Berlin (Antaranews Jogja/Reuters) - Pebalap Spanyol Dani Pedrosa akan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini pada November, menutup tirai dari karier di dunia balap sepeda motor selama 18 tahun.

        Pebalap veteran Honda berusia 32 tahun membuat pengumuman di Grand Prix Jerman pada Kamis.

        "Tahun depan saya tidak akan bersaing di kejuaraan, saya akan mengakhiri karier saya di MotoGP musim ini," ucapnya kepada para pewarta di Sachsenring.

        "Ini adalah keputusan yang telah lama saya pikirkan, dan ini merupakan keputusan yang sulit karena ini adalah olahraga yang saya cintai," tambahnya.

        "Namun meski memiliki kesempatan-kesempatan bagus untuk tetap membalap, saya merasa saya tidak menghidupkan balapan dengan intensitas yang sama seperti sebelumnya dan sekarang saya memiliki prioritas-prioritas lain dalam hidup saya."

        Tim pabrikannya pada bulan lalu merekrut juara MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo dari Ducati sebagai pengganti Pedrosa untuk musim depan.

        Pedrosa, yang kariernya di strata tertinggi diganggu masalah-masalah cedera dan beberapa operasi, menghabiskan seluruh karier Grand Prixnya dengan pabrikan Jepang ini sejak melakukan debutnya di kelas 125cc pada 2001.

        Ia merupakan juara kelas 125cc pada 2003 dan merebut mahkota 250cc pada 2004 dan 2005. Ia juga tiga kali menjadi "runner up" di MotoGP dan telah 31 kali memenangi Grand Prix bersama Honda di kelas tertinggi serta mencatatkan 23 kemenangan di kategori-kategori yang lebih rendah.