Warga Yogyakarta wajib periksa kondisi pohon hadapi pancaroba

id Pancaroba, pohon perindang,genangan

Ilustrasi pohon perindang di Kota Yogyakarta (ANTARA FOTO/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta mengingatkan warga untuk segera memeriksa kondisi pohon perindang menghadapi musim pancaroba untuk mengantisipasi kejadian pohon tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang.
   
“Kami sudah menyampaikan konten pesan singkat telepon selular yang berisi imbauan ke masyarakat untuk memeriksa kondisi pohon di lingkungan masing-masing. Pesan singkat itu akan disebarluaskan ke masyarakat melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogykarta Hari Wahyudi di Yogyakarta, Jumat.
     
Menurut dia, peristiwa pohon tumbang hingga munculnya genangan dan banjir sangat berpotensi terjadi di Kota Yogyakarta saat musim pancaroba sehingga masyarakat perlu melakukan antisipasi sejak dini.
   
Pohon perindang dengan tajuk yang sudah sangat lebat dianjurkan untuk dipangkas sehingga beban pohon tidak akan terlalu berat saat terjadi hujan lebat dan angin kencang. “Tidak perlu dipotong semuanya tetapi dipangkas saja cabang-cabangnya agar tidak terlalu rimbun,” katanya.
   
Pada Kamis (20/9), lanjut Hari, BPBD Kota Yogyakarta menerima laporan adanya tiga pohon perindang yang tumbang saat terjadi hujan lebat, masing-masing berada di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Menteri Supeno dan Jalan Cendana.
   
Selain itu, BPBD Kota Yogyakarta juga menerima laporan luapan saluran air hujan hingga masuk ke permukiman warga di Kelurahan Keparakan.
   
Oleh karena itu, Hari menyebut, selain memeriksa kondisi pohon perindang, warga juga perlu memastikan agar saluran air hujan di lingkungannya tidak tersumbat sampah karena bisa menyebabkan genangan saat turun hujan.
   
Selain kesiapan dari masyarakat, Hari menyebut, BPBD Kota Yogyakarta juga sudah memastikan berbagai peralatan penanggulangan bencana dalam kondisi baik dan siap digunakan sewaktu-waktu apabila terjadi bencana. 
   
“Salah satunya gergaji mesin. Kami sudah cek dan semuanya dalam kondisi baik. Peralatan yang lain juga dalam kondisi siap digunakan,” katanya.
   
Kampung Tangguh Bencana (KTB) di wilayah, lanjut Hari, juga diharapkan mendukung upaya masyarakat untuk melakukan persiapan menghadapi musim pancaroba. “KTB juga harus memastikan peralatan yang dimiliki siap, serta siap memberikan arahan atau bantuan ke warga apabila terjadi bencana,” katanya.
   
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana mengatakan, sudah rutin melakukan pemangkasan pohon perindang. 
   
“Pemangkasan terus dilakukan. Itu sudah menjadi kegiatan rutin kami sehingga pohon perindang di tepi jalan dalam kondisi yang ideal. Sekarang yang perlu diperhatikan justru pohon di persil warga karena banyak besar-besar dan rindang,” katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar