Setiap sisi Yogyakarta akan dilengkapi perpustakaan

id perpustakaan, yogyakarta

Setiap sisi Yogyakarta akan dilengkapi perpustakaan

Ilustrasi, perpustakaan Kota Yogyakarta. (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Setiap sisi Kota Yogyakarta akan dilengkapi dengan perpustakaan karena keberadaan perpustakaan dianggap penting sebagai upaya untuk menguatkan citra sebagai kota pendidikan.

"Saat ini, hanya ada satu perpustakaan daerah di Kota Yogyakarta yang kebetulan berada di sisi utara. Bulan depan, akan diresmikan perpustakaan daerah yang berada di sisi selatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Wahyu, jumlah perpustakaan akan terus ditambah dengan membuka perpustakaan di sisi barat dan timur, sehingga seluruh warga di Kota Yogyakarta dapat mengakses layanan perpustakaan dengan lebih mudah.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada tim yang terus melakukan kajian untuk memetakan lokasi yang potensial disulap menjadi perpustakaan Kota Yogyakarta.

"Idealnya, di sekitar lokasi yang akan digunakan sebagai perpustakaan harus memiliki potensi pemustaka yang tinggi sehingga perpustakaan pun ramai dengan pengunjung," kata Wahyu.

Pilihan lokasi di bagian timur Kota Yogyakarta berada di Kecamatan Kotagede atau di sekitar Timoho, sedangkan di bagian barat Kota Yogyakarta masih terus dipetakan. "Kami akan menggunakan bangunan yang menjadi aset Pemerintah Kota Yogyakarta untuk dijadikan sebagai perpustakaan," katanya.

Sedangkan untuk perpustakaan baru di bagian selatan Kota Yogyakarta berada di Jalan Mayjen Sutoyo. Perpustakaan tersebut akan memiliki fasilitas yang sama seperti Perpustakaan Kota Yogyakarta di Jalan Suroto Kotabaru.

"Layanannya pun sama. Perpustakaan akan buka mulai pukul 07.30 WIB hingga 24.00 WIB dan akan tetap dilengkapi dengan fasilitas wi-fi," kata Wahyu.

Ia berharap, keberadaan perpustakaan di sisi utara dan selatan serta tambahan perpustakaan yang akan dibuka di barat dan timur bisa semakin meningkatkan budaya membaca di tengah masyarakat Kota Yogyakarta. 

Saat ini, tingkat literasi warga Kota Yogyakarta cukup baik yaitu dari sekitar 450.000 warga Kota Yogyakarta, sekitar 45.000 hingga 60.000 menjadi pengunjung perpustakaan Kota Yogyakarta.

"Setiap hari, ada sekitar 1.500 hingga 1.600 pengunjung di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Jumlah tersebut tidak sesuai dengan kapasitas ruangan yang ada sehingga memang perlu adanya penambahan perpustakaan," kata Wahyu. 

Selain itu, lanjut dia, Perpustakaam Kota Yogyakarta juga harus membatasi jumlah peserta apabila menggelar kegiatan. "Padahal, peminatnya banyak namun jumlah peserta dibatasi karena kekurangan ruangan. Salah satunya seperti saat kami menggelar `junior smart camp beberapa waktu lalu," katanya. (T.E013/B/M.M. Astro)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024