Timnas Indonesia U-19 perkuat pertahanan hadapi Qatar

id indra sjafri

Timnas Indonesia U-19 perkuat pertahanan hadapi Qatar

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri (Foto Antara/Andika Wahyu)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Skuat Tim Nasional Indonesia U-19 akan memperkokoh pertahanan untuk menghadapi Qatar di laga kedua di Grup A Piala U-19 Asia 2018, Minggu (21/10), kata pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Indra menegaskan tidak ingin lagi anak-anak asuhnya kebobolan gol-gol yang sebenarnya bisa diantisipasi.

"Ketika melawan Taiwan di pertandingan pertama, kami kebobolan karena tim salah mengambil keputusan dan organisasi pertahanan juga kurang baik. Kami memanfaatkan dua hari persiapan jelang bertemu Qatar untuk memperbaiki itu," kata Indra usai memimpin timnya berlatih di lapangan sepak bola A Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Menurut Indra, baik ketika berhadapan dengan Taiwan maupun Yordania serta Arab di laga uji coba, gol-gol lawan yang dilesakkan ke gawang timnya merupakan gol mudah.

Oleh karena itu, pelatih asal Sumatera Barat tersebut tidak ingin kesalahan serupa terulang saat menghadapi Qatar yang di atas kertas lebih kuat daripada Taiwan.

Meski demikian, dari sisi produktivitas, Indra menganggap timnya mengalami peningkatan sebab dari dua laga terkini skuat berjuluk Garuda Nusantara mereka berhasil mencetak enam gol yakni kala menghadapi Yordania, di mana Indonesia menang 3-2, dan Taiwan yang dikalahkan 3-1.

"Mungkin karena beberapa kali dikritik, pemain jadi cukup produktif. Namun, dari dua pertandingan itu, tetap saja ada tiga gol yang masuk ke gawang kami. Artinya kami masih ada pekerjaan rumah," kata Indra.

Sementara terkait Qatar, Indra menganggap tim dari kawasan Asia Barat itu berkualitas baik meski di laga perdananya di Grup A, mereka takluk 1-2 dari Uni Emirat Arab. Oleh karena itu timnas U-19 Indonesia mewaspadai semua pemain Qatar.

"Semua pemainnya kami waspadai. Namun di sini kami mempelajari rencana permainan (game plan) mereka, bagaimana Qatar bermain. Itu yang harus diantisipasi," tutur dia.

Laga timnas U-19 Indonesia versus Qatar sendiri digelar pada Minggu (21/10) mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebelumnya, di tempat dan pada hari yang sama, mulai pukul 16.00 WIB berlangsung pertandingan lain Grup A yakni Taiwan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA).

Adapun saat ini Indonesia memimpin klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 dengan tiga poin usai mengalahkan Taiwan dengan skor 3-1 di laga pertamanya. 

UEA menyusul di posisi kedua juga dengan tiga poin tetapi kalah selisih gol dari Indonesia. Sementara Qatar berada di peringkat ketiga klasemen usai takluk 1-2 dari UEA di partai pembuka dan Taiwan menjadi juru kunci.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024