UGM-Finland University jalin kerja sama pendidikan

id ugm

Kampus UGM (Foto Antara/Dina)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Finland University, Finlandia, menjalin kerja sama dalam bidang pengembangan akademik dan pengajaran antarkedua institusi.
     
Nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Universitas Gadjag Mada (UGM) Paripuna Sugarda dan Executive Vice President Finland University Pasi Kaskinen, di Yogyakarta, Selasa.
     
Paripurna Sugarda mengatakan kedua universitas sepakat untuk bekerja sama mempromosikan dan mengembangkan hasil kerja sama itu dalam berbagai ruang lingkup kegiatan seperti program pertukaran staf pengajar, program transer kredit mahasiswa.
     
Selain itu pengembangan kapasitas staf dan pengajar serta pelaksanaan kegiatan seminar dan konferensi bersama. "Kerja sama itu diharapkan memberikan manfaat yang lebih besar bagi UGM," katanya.
     
Menurut dia, ruang lingkup kerja sama itu nantinya tidak hanya sebatas pertukaran staf pengajar tetapi juga memungkinkan dilaksanakan peluang untuk kerja sama yang lebih erat seperti pembukaan program "dual degree" antarperguruan tinggi.
     
"Kami harapkan semakin banyak program semacam itu dengan berbagai universitas di Finlandia," katanya.
     
Ia mengatakan, kerja sama itu diharapkan meningkatkan kapasitas pendidikan dan pengajaran bagi kedua perguruan tinggi untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan reputasi kampus dalam bersaing di tingkat global.
     
"Kami berharap banyak program studi di UGM semakin kompetitif dalam rangka meningkatkan reputasi internasional," kata Paripurna.
     
Pasi Kaskinen mengatakan banyak peluang kerja sama yang dapat dikembangkan kedua universitas terutama dalam meningkatkan kualitas pengajaran.
     
"Finland University dan UGM ke depan diharapkan dapat mengembangkan kerja sama lebih luas lagi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di kedua universitas," kata Pasi.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar