Timnas Indonesia siapkan taktik baru

id andik vermansah

Arsip. Pesepak bola tim nasional Indonesia Andik Vermansah (tengah) mengumpan bola ke rekannya Irfan Jaya (kanan) saat melewati pesepak bola timnas Hong Kong Yang Huang (kiri) dalam laga International Friendly Match di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). Pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 1 - 1. (Hafidz Mubarak A/wsj) (.) (./)

Singapura (Antaranews Jogja) - Bima Sakti, pelatih tim nasional sepak bola Indonesia berusia 42 tahun itu akan mempersiapkan taktik baru untuk skuatnya setelah kalah 1-0 dari Singapura dalam laga Grup B Piala AFF 2018, Jumat (9/11).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura tersebut, taktik Indonesia untuk memanfaatkan lebar lapangan melalui tusukan-tusukan sayap demi menekan pertahanan Singapura dianggap tidak berjalan dengan baik. 

"Kami tidak akan bertumpu sepenuhnya lagi pada pemain sayap," ujar Bima usai laga kontra Singapura di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11).

Pelatih berusia 42 tahun itu menyadari, variasi serangan diperlukan agar timnya tak buntu ketika berjumpa lawan dengan pertahanan ketat seperti Singapura. 

Ketika takluk dari Singapura, Indonesia menurunkan Febri Hariyadi dan Irfan Jaya di sayap kiri-kanan. Dengan formasi 4-2-3-1, Bima sangat bergantung kepada kemampuan kedua nama tersebut untuk membongkat solidnya lini belakang lawan. 

Namun, ternyata Singapura mampu menunjukan pertahanan yang impresif, menutup ruang untuk Febri dan Irfan, yang di babak kedua digantikan oleh Riko Simanjuntak. 

Pelatih Singapura Fandi Ahmad mengakui, dirinya dan tim sudah menganalisis permainan Indonesia melalui empat sampai lima video rekaman pertandingan. Singapura yang sudah memprediksi strategi Indonesia akhirnya mampu meredam performa skuat Garuda. 

"Kami sudah mendapatkan kekuatan Indonesia sebelum pertandingan," kata Fandi. 

Tim nasional sepak bola Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari tuan rumah Singapura pada laga Grup B Piala AFF 2018, Jumat, yang digelar di Stadion Nasional, Singapura.

Gol tunggal Singapura dicetak oleh sang kapten Hariss Harun pada menit ke-37.

Kekalahan itu membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen Grup B, di bawah pemimpin klasemen Thailand yang menundukkan Timor Leste dengan skor 7-0, Jumat (9/11) dan Singapura di peringkat kedua. Timor Leste sendiri bertengger di peringkat keempat.

Tim lainnya di Grup B, Filipina baru memainkan laga perdananya pada Selasa (13/11) dengan menjamu Singapura.

Berikutnya di Grup B, Selasa (13/11), Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 
 

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar