Glasgow ingin menjadi kota pertama "net-zero" emisi di Inggris

id glasgow,tanpa emisi

Glasgow ingin menjadi kota pertama "net-zero" emisi di Inggris

FILE PHOTO: Blocks of flats in the city of Glasgow are seen from Cathkin Braes, Scotland, Britain August 7, 2018. REUTERS/Russell Cheyne (reuters.com)

Glasgow (ANTARA) - Kota terbesar di di Skotlandia, Glasgow ingin menjadi kota pertama di Inggris yang netral karbon dalam upaya mengatasi perubahan iklim.

Dewan Kota Glasgow bekerja sama dengan ScottishPower berjanji untuk menjadikan kota terbesar ketiga di Inggris itu sebagai yang pertama mencapai target emisi karbon "net zero" dan melampaui target keseluruhan 2045 yang ditetapkan oleh pemerintah Skotlandia pada  Selasa.

Kota di Skotlandia itu berencana mencapai tujuan tersebut dengan mengonsumsi energi yang lebih hijau dan mempromosikan skema pengisian missal untuk mobil listrik, serta meningkatkan investasi dalam jaringan listrik terbarukan.

“Dari penelitian yang dilakukan Intergovernmental Panel tentang Perubahan Iklim hingga percakapan dari ruang kelas kami, jalan-jalan dan alun-alun kami, kami tahu bahwa pengurangan emisi adalah masalah masa kita,” kata Susan Aitken, pemimpin Dewan Kota Glasgow, seperti dikutip reuters. "Kita hanya harus bertindak sekarang."

ScottishPower mengatakan pendekatan Inggris untuk tenaga angin darat membutuhkan pertimbangan lagi secara mendasar, ScottishPower menambahkan jika ingin memenuhi target net-zero Inggris, Inggris harus melipatgandakan kapasitas energi terbarukan dan menggandakan pembangkit listriknya.

Kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan bahayanya terhadap lingkungan  meningkat dalam beberapa minggu terakhir dengan tayangan film-film karya naturalis David Attenborough dan pemogokan siswa sekolah.

Protes kelas atas oleh aktivis Extinction Rebellion (XR) dilakukan di pusat kota London dengan tujuan memaksa pemerintah untuk berkomitmen mengurangi emisi karbon secara  lebih ketat.

Pada Selasa, pemerintah Skotlandia mengatakan akan memajukan waktu  untuk mencapai “net zero” emisi menjadi "jauh sebelum" 2045 - lebih cepat dari target sebelumnya pada 2050. Skotlandia, dengan cuacanya yang basah dan berangin, menjadi tempat bagi bagi seperempat kapasitas energi terbarukan Inggris, dengan tenaga angin semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Namun pernyataan resmi yang bertujuan mengatasi perubahan iklim dengan cepat sejauh ini gagal menarik hati para aktivis.

Menanggapi pemerintah Skotlandia, XR Skotlandia mengatakan, “Keadaan darurat membutuhkan respons darurat dan ini bahkan tidak mendekatinya.” Kelompok ini menyerukan “net zero” emisi gas rumah kaca pada 2025 - dua puluh tahun lebih cepat dari rencana pemerintah.

Net-zero adalah titik di mana volume gas rumah kaca dipancarkan sama dengan yang diserap  melalui teknik lain penyeimbangan seperti kehutanan.

Prakarsa ScottishPower dan Kota Glasgow bertujuan menjadikan Glasgow lebih hijau dengan menghilangkan pemanasan dan transportasi yang menghasilkan karbon serta meningkatkan investasi untuk jaringan listrik. Fokus lain adalah menyediakan lebih banyak lokasi pengisian daya untuk mobil listrik
Baca juga: Mexico City alami darurat asap
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024