Indonesia ambisi menangi grup hadapi Jerman

id piala sudirman,indonesia vs denmark,bulu tangkis,pbsi

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Markus Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya (kanan) mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis Inggris Markus Ellis dan Christ Langridge pada babak penyisihan grup 1B Piala Sudirman 2019 di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Minggu (19/5/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A./wsj. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Nanning, China (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia bertekad mengincar posisi juara Grup 1B turnamen Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, dengan memenangi laga melawan Denmark pada Rabu malam (22/5).

Walaupun berada di puncak Grup 1B dengan kemenangan 4-1 atas Inggris, Indonesia tak mau ambil resiko dengan bermain aman pada laga penentuan Grup 1B nanti.

"Target kita tetap harus menang. Tidak ingin kalah. Paling enak kalau kita menang. Kalau kalah nanti perhitungannya belum tentu lolos," ungkap Chef de Mission timnas bulu tangkis Indonesia Achmad Budiharto di Nanning, China, Selasa.

Indonesia harus menang lawan Denmark jika Ingin lolos sebagai pemuncak Grup 1B. Sementara skenario lain, Indonesia tetap akan lolos jika kalah 2-3 dari tim asal Skandinavia itu.

Jika Indonesia menang, maka Inggris, yang menang 3-2 atas Denmark, akan lolos sebagai runner-up. Namun jika Indonesia kalah 0-5, maka Jonathan Christie dkk. bisa terlempar dan tidak lolos ke babak perempat final, demikian Budiharto.

"Secara prinsip kita tidak ingin melemahkan diri. Kita tetap harus menang."

"Saya tidak ingin bermain aman, tetapi ingin tim ini menang terus karena kemenangan itu menyenangkan."


Baca juga: Denmark tumbang di tangan Inggris 2-3


Indonesia akan mewaspadai sektor tunggal putri Denmark, dengan Mia Blichfeldt yang sedang naik daun. Juga sektor ganda putra yang selalu kompetitif ketika bertemu Indonesia. Selain itu sektor ganda campuran Denmark juga tak bisa dianggap remeh.

Semnetara itu Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PBSI Susi Susanti di sela-sela latihan timnas bulu tangkis Indonesia menyatakan setiap atlet siap tempur menghadapi Denmark.

"Kita fokus saja menghadapi lawan dan tidak memikirkan hasil. Di setiap pertandingan kita mau tampil yang terbaik dan tidak mau pikirkan hitung-hitungan. Kita mau tim tampil maksimal dan memberi yang terbaik," ungkap peraih emas Olimpiade 1992 itu.

Laga penentuan Grup 1B antara Indonesia melawan Denmark akan berlangsung pada Rabu, pukul 18:00 waktu setempat atau 17:00 WIB.

Baca juga: Pratinjau - Indonesia waspadai "Jebakan Batman" Denmark
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar