Rusia usir seorang diplomat Bulgaria

id Pemerintah Rusia,usir, diplomat Bulgaria

Rusia usir seorang diplomat Bulgaria

Bendera Rusia. (istimewa) (istimewa/)

Sofia (ANTARA) - Pemerintah Rusia mengusir seorang diplomat Bulgaria sebagai tindakan balasan setelah Sofia menolak visa atase pertahanan Rusia yang baru menjabat, menurut Kementerian Luar Negeri Bulgaria pada Kamis.

Duta Besar Bulgaria di Moskow, Atanas Krastin, diinformasikan bahwa diplomat tersebut harus angkat kaki dari Rusia dalam waktu 24 jam menurut protokol diplomatik, demikian pernyataan kementerian. Moskow merujuk pada "prinsip timbal balik", katanya.

Bulgaria pada Oktober mengatakan pihaknya menolak visa atase pertahanan yang baru menjabat di kedutaan besar Rusia di Sofia, sehari setelah mengusir diplomat Rusia lainnya atas dugaan mata-mata.

Bulgaria, sekutu loyal Moskow selama masa komunis, kini menjadi anggota NATO dan Uni Eropa namun tetap mempertahankan ikatan sejarah dan budaya yang kuat dengan Rusia, yang masih menjadi pemasok energi terbesarnya.

Sofia tidak bergabung dengan sekutunya di Uni Eropa dan NATO, yang mengusir diplomat Rusia tahun lalu terkait dengan kasus keracunan mantan mata-mata Rusia di Inggris.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024