Sleman mendorong revitalisasi kerja sama pariwisata "Java Promo"

id Java Promo,Dispar Kabupaten Sleman,Sleman

Sleman mendorong revitalisasi kerja sama pariwisata "Java Promo"

Seminar revitalisasi pengembangan pariwisata Java Promo di Omah Mbudur Magelang. Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selaku pengurus Sekretariat Bersama (Sekber) forum kerja sama pengembangan pariwisata antar kabupaten/kota DIY dan Jawa Tengah (Jateng) atau "Java Promo", mendorong revitalisasi kembali bagi kelembagaan "Java Promo".

"Revitalisasi atau penguatan kembali kelembagaan 'Java Promo' ini dilakukan bersama dengan sejumlah kabupaten/kota yang masih aktif dalam forum 'Java Promo'," kata Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih yang sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Sekber Java Promo di Sleman, Kamis.

Menurut dia, 'Java Promo" telah berusia 17 tahun yang beranggotakan 13 kabupaten/kota dan pada tahun 2003 bertambah 16 anggota.

"Java Promo menjadi wadah kerja sama promosi dan pengembangan pariwisata antar kabupaten/kota yang terletak dalam satu kesatuan geografis, terhubung melalui lintas darat, terikat dalam satu kesatuan destinasi lokal," katanya.

Menurut dia, namun seiring berjalannya waktu keanggotaan Java Promo mengalami penurunan jumlah partisipan sehingga hanya memiliki beberapa anggota aktif saja.

"Menanggapi hal tersebut, Pengurus Sekber "Java Promo" bersama dengan sejumlah anggota aktif, melakukan penguatan kembali melalui kegiatan seminar sinergitas Java Promo dalam menangkap peluang destinasi super prioritas Borobudur yang berlangsung di Omah Mbudur, Kabupaten Magelang," katanya.

Ia mengatakan, maksud kegiatan seminar ini adalah memetakan peluang dan potensi pengembangan pariwisata bagi anggota "Java Promo".

"Kemudian juga memberikan informasi dan pemahaman tentang pentingnya forum kerjasama pariwisata 'Java Promo' untuk pengembangan infrastruktur dan ekosistem, pengembangan destinasi eisata, pemasaran dalam dan luar negeri," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak perwakilan dari 16 kabupaten/kota yang masuk dalam anggota "Java Promo", turut hadir dalam kesempatan tersebut.

"Dalam kegiatan seminar tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumer," katanya.

Kepala Sekber "Java Promo" periode pertama, Sutrisno yang sekaligus salah satu inisiator terbentuknya "Java Promo" mengatakan adanya forum "Java Promo" merupakan salah satu bentuk kesadaran bersama akan pentingnya kerja sama antar-kabupaten/kota dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Kerja sama antardaerah merupakan sesuatu yang sifatnya menguntungkan dan dapat dilakukan bahkan pada kondisi tertentu sangat diperlukan serta lebih efektif dajn efisien," kata Sutrisno yang merupakan mantan Sekda Kabupaten Sleman ini.

Sutrisno mengatakan, dalam "Java Promo" berbagai kegiatan bisa dilakukan bersama, seperti kegiatan promosi yang bisa dilakukan bersama, koordinasi rutin, menyusun rencana paket pariwisata dan menguatkan jejaring.

Namun demikian, dalam merealisasikan kerjasama tersebut, Sutrisno menyebut terdapat langkah-langka yang perlu dilakukan baik secara mandiri oleh masing-masing daerah ataupun bersama "Java Promo".

"Salah satu langkah yang perlu dilakukan yaitu meningkatkan koordinasi untuk pembangunan infrastruktur pendukung keterpaduan pengembangan pariwisata antar wilayah," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024