KAI Daop 6 Yogyakarta hanya layani perjalanan Prameks mulai Sabtu

id Kereta api,daop 6, prameks

KAI Daop 6 Yogyakarta hanya layani perjalanan Prameks mulai Sabtu

Ilustrasi suasana di Stasiun Tugu Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyebut hanya akan melayani perjalanan kereta komuter Prambanan Ekspres mulai Sabtu (25/4) setelah seluruh perjalanan kereta jarak jauh baik tujuan ke arah barat seperti Jakarta dan Bandung serta tujuan ke arah timur yaitu Surabaya dan Ketapang dibatalkan.

“Seluruh perjalanan kereta jarak jauh yang masih melintas di di Daerah Operasi (Daop) enam dibatalkan menyusul larangan mudik dari pemerintah,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Sebelumnya, masih ada empat perjalanan kereta api jarak jauh yang melintas di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta yaitu Kereta Api (KA) Bima relasi Surabaya-Jakarta, KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar, KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang, dan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember.

Namun, pada Jumat (24/4), perjalanan KA Bima dan Kahuripan dibatalkan dan pembatalan pun dilakukan terhadap dua perjalanan kereta api yang masih tersisa yaitu KA Wijayakusuma dan KA Ranggajati mulai Sabtu (25/4). Pembatalan dilakukan hingga 30 April tetapi akan dilakukan evaluasi sesuai perkembangan kondisi.

Dengan dibatalkannya seluruh perjalanan kereta api jarak jauh, lanjut Eko, maka stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta hanya akan melayani perjalanan kereta komuter Prambanan Ekspres dan angkutan barang.

“Mulai Sabtu (25/4), Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari, dan Klaten hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan angkutan barang saja karena sudah tidak ada kereta jarak jauh yang melintas,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, jadwal perjalanan kereta Prameks pun dibatasi menjadi delapan perjalanan sehari untuk mengakomodasi kebutuhan penumpang yang memang masih memiliki kepentingan mendesak atau pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

KA Prameks relasi Yogyakarta-Solo Balapan akan diberangkatkan pada pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB dari Stasiun Yogyakarta dan diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan pada pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB dan 18.12 WIB.

Sedangkan untuk penumpang yang telah membeli tiket kereta jarak jauh dan perjalanan keretanya dibatalkan dipastikan akan memperoleh pengembalian biaya tiket 100 persen.

Penumpang akan dihubungi oleh contact center untuk proses pembatalan tiket atau bisa melakukan pembatalan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access atau datang langsung ke loket stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi bisa dilakukan maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari. Sedangkan pembatalan dari loket stasiun bisa dilakukan maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking dan uang langsung diganti tunai.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024