Spanyol lumat Ukraina 4-0

id UEFA League Nations,Timnas Spanyol, Ansu Fati

Spanyol lumat Ukraina 4-0

Ferran Torres dan Ansu Fati merayakan kemenangan 4-0 Spanyol atas Ukraina dalam pertandingan League A Grup 4, UEFA League Nations di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol pada 6 September 2020. (REUTERS/SERGIO PEREZ)

Jakarta (ANTARA) - Striker Ansu Fati menjadi pemain timnas termuda Spanyol yang menciptakan gol ketika pemain berusia 17 tahun tampil inspiratif untuk turut mengantarkan tim asuhan Luis Enrique menang besar 4-0 melawan Ukraina dalam pertandingan UEFA League Nations di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid, Senin dini hari WIB.

Kapten Sergio Ramos membuka pesta gol Spanyol dari titik penalti pada menit ketiga setelah Fati dilanggar pemain Ukraina di kotak penalti. Ramos menggandakan keunggulan pada menit ke-29 lewat gol dari sundulan.

Fati berulang kali nyaris menciptakan gol dan akhirnya dia mendapatkan golnya lewat penampilan inspiratifnya pada menit ke-33 setelah nyaris menciptakan gol dari tendangan salto.

Pemain pengganti Ferran Torres (20) turut menciptakan gol lewat tendangan volinya pada menit ke-84. Ini juga gol pertama Torres bagi timnas Spanyol. Kemenangan ini membawa Spanyol memuncaki League A Grup 4 dengan empat poin dari dua pertandingan.



Fati yang akan genap berusia 18 tahun pada 31 Oktober nanti menciptakan gol pertamanya dari tendangan yang luar biasa dari luar kotak penalti.

Dia meruntuhkan rekor mendiang Juan Errazquin sebagai pemain termuda Spanyol yang menciptakan gol yang sudah 95 tahun tak terpecahkan siapa pun. Saat itu Errazquin mencetak gol pertamanya untuk timnas Spanyol ketika melawan Swiss pada 1925, dalam usia 18 tahun 344 hari.

Tahun lalu Fati sudah menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa Barcelona ketika menyarangkan bola ke gawang Osasuna dalam pertandingan La Liga. Fati juga menjadi pemain paling muda yang mencetak gol dalam Liga Champions ketika membuat gol ke gawang Inter Milan in Desember tahun lalu.

Fati, yang dilahirkan di Guinea-Bissau tetapi hijrah ke Spanyol dalam usia enam tahun bersama keluarganya, menjadi pemain termuda Spanyol dalam kurun 84 tahun ketika melakukan debutnya dalam laga Kamis pekan lalu melawan Jerman yang berkesudahan 1-1, demikian Reuters.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024