Baznas DIY rekrut relawan hadapi bencana

id Baznas diy

Baznas DIY rekrut relawan hadapi bencana

Baznas DIY rekrut relawan hadapi bencana (Baznas DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan rekruitmen relawan untuk hadapi bencana melalui salah satu lembaga programnya Baznas Tanggap Bencana (BTB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Acara rekruitmen angkatan ketiga ini dibarengi dengan pelatihan manajemen bencana tingkat dasar bagi anggota baru. 

Jumlah peserta Pelatihan Manajemen Bencana tingkat dasar dibatasi hanya 30 orang saja karena masih di masa pandemi. Acara ini berlangsung di Villa Kampung Ayem, 3-4 April 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Acara rekruitmen ini dibuka oleh Kasubbid Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Enaryaka dan Plt. Ketua BAZNAS DIY Mukhlas.

Enaryaka mengapresiasi rekruitmen ini karena relawan Baznas Tanggap Bencana DIY sebagai potensi BPBD tentu akan banyak membantu tugas-tugas BPBD DIY dalam menghadapi bencana.

Sedangkan Mukhlas menyampaikan jika BTB adalah bagian dari Baznas DIY dalam menangani kebencanaan, sehingga relawan perlu dibekali dengan pengetahuan manajemen bencana tingkat dasar. 

"Perekrutan anggota gelombang 3 ini, untuk melengkapi relawan yang sudah ada," kata dia.

Materi pelatihan manajemen bencana tingkat dasar ini meliputi ZIS dan Kebencanaan, Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat, Manajemen Logistik, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dan Kaji Cepat. 

Beberapa pemateri yang hadir di antaranya adalah dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Search and Rescue (SAR) DIY, Baznas Tanggap Bencana DIY, Palang Merah Indonesia Kabupaten Sleman,dan dari Baznas DIY sendiri. 

Dalam acara ini Waroeng Spesial Sambal (SS) memberikan bantuan berupa pakaian hazmat yang diharapankan bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan BTB DIY ke depan.