Baznas Kulon Progo menyalurkan bantuan sembako kepada 364 warga KPM

id Kulon Progo,Baznas Kulon Progo,Zakat,Baznas,Kuln Progo,DIY,Yogya,DI Yogyalarta,Kemenag,ASN,KPM,Keliarga,PNS,Kelurahan,Ja

Baznas Kulon Progo menyalurkan bantuan sembako kepada 364 warga KPM

Ketua Baznas Kulon Progo Alfanuha Yushida saat menyerahkan paket sembako kepada masyarakat. ANTARA/Sutarmi.

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta menyalurkan 364 paket kebutuhan pokok kepada warga keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah itu.

Ketua Baznas Kulon Progo Alfanuha Yushida di Kulon Progo Rabu mengatakan, paket sembako tersebut dibagikan kepada 50 penerima merupakan warga di sekitar Kantor Baznas Kulon Progo, lainnya di tiap kalurahan masing-masing tiga penerima.

"Masing-masing menerima paket yang nilainya sekitar Rp150 ribu," kata Alfanuha Yushida di sela-sela kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-23 Baznas RI.

Ia menjelaskan, Baznas Kulon Progo menetapkan target perolehan zakat di 2024 ini sebesar Rp15 miliar.

"Kami berharap target Rp15 miliar ini bisa tercapai," katanya.

Dia mengatakan, berbagai upaya akan dilakukan agar target bisa tercapai. Antara lain dengan memaksimalkan zakat dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo hingga tingkat kalurahan.

"Kami optimistis target Rp15 miliar tersebut bisa tercapai. Apalagi di 2023 lalu kami berhasil mengumpulkan zakat hingga lebih dari Rp13 miliar," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kulon Progo Wahib Jamil berharap perolehan zakat Baznas bisa dioptimalkan. Tak hanya dari lingkup ASN, tetapi juga dari pengusaha hingga masyarakat mampu.

Ia berpesan agar Baznas Kulon Progo bersinergi dengan lembaga lain hingga kelompok masyarakat yang biasa melakukan donasi. Menurutnya, dengan cara ini perolehan zakat bisa lebih maksimal.

"Perolehan zakat ini nantinya akan bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat," kata Wahib.