KSB beserta lima senjata api ditangkap

id ksb, papua, pegunungan bintan, png, Danrem 172 PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan

KSB beserta lima senjata api ditangkap

Barang bukti yang diamankan anggota Koramil Batom beserta warga dan Linmas dari KSB, Selasa (7/9/2021). ANTARA/HO/Penerangan Korem 172/PWY

Jayapura (ANTARA) - Personel Koramil 1715-05/Batom dan warga yang tergabung dalam Linmas Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, menangkap dua anggota kelompok sipil bersenjata (KSB) Ngalum Kupel.
 
Selain mengamankan dua anggota KSB yang merupakan kelompok pimpinan Lamek Tablo, juga sita lima pucuk senjata api berbagai jenis dan barang bukti lainnya.
 
Penangkapan mereka dilakukan Selasa (7/9) di Distrik Oksibil, setelah warga melaporkan adanya perahu berpenumpang dua orang dari arah Papua Nugini (PNG) menuju Mongham yang merupakan basis KSB, kata Danrem 172 PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Rabu.
 
 
Dijelaskan, awalnya ada informasi dari masyarakat di kampung Abukerom yang melihat orang tak dikenal (OTK) menggunakan perahu motor dari arah PNG menuju Mongham, namun perahunya mengalami kerusakan di kampung Muara.
 
Adanya laporan tersebut, anggota Koramil 1715-05/Batom dipimpin Sertu Ari Netson Arabia bersama warga dan anggota Linmas menuju ke Kampung Muara dan melakukan pengepungan di pertengahan sungai Oksip–Mongham.
 
"Keduanya berhasil diamankan beserta isi perahu yang membawa lima pucuk senjata api," ungkap Brigjen TNI Izak seraya menyatakan apresiasi atas keberhasilan anggotanya dan warga menangkap anggota KSB.
 
Dua orang yang diamankan yaitu Yulian Uropmabin (36) dan Kapol Uropmabin (42) dan saat ini masih diamankan di Koramil Batom.

Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan PNG.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021