Bupati Sleman kukuhkan pengurus forum kampung siaga bencana

id Kampung siaga bencana ,KSB Sleman ,FK KSB Slemsn ,Siaga Bencana ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman kukuhkan pengurus forum kampung siaga bencana

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi (Forkom) Kampung Siaga Bencana (KSB) Sleman periode 2022-2025 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (6/9/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengukuhkan 35 pengurus Forum Komunikasi (Forkom) Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Sleman Masa Bakti 2022-2025 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa.

Sebanyak 35 orang yang dikukuhkan tersebut merupakan perwakilan dari 18 KSB yang terbentuk di Kabupaten Sleman sampai dengan 2022.

Bupati Sleman berharap dengan adanya forkom ini dapat menjembatani koordinasi dari seluruh KSB yang ada di Sleman.

Baca juga: Dinsos DIY mengukuhkan Kampung Siaga Bencana Banyuroto Kulon Progo

"Dengan koordinasi yang baik maka dapat terwujud sinergitas yang baik pula antara seluruh KSB dan Pemkab Sleman dalam mitigasi dan penanggulangan bencana. Mari tingkatkan kewaspadaan kita dalam mengantisipasi bencana di Kabupaten Sleman kedepannya," katanya.

Kustini mendorong agar Forkom KSB Slemsn ke depannya menjadi peran strategis dalam peningkatan kapasitas masyarakat sebagai salah satu upaya penanggulangan bencana.

"Saya mendorong pengurus Forkom KSB untuk dapat mengelola KSB di wilayah masing-masing sehingga dapat bergerak secara masiv dalam pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat di daerah rawan bencana," katanya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Eko Suhargono mengatakan hingga saat ini Pemkab Sleman sudah membentuk 18 KSB yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sleman.

"Tugas Forkom KSB antara lain melaksanakan komunikasi, konsultasi, integrasi, sinkronasi dan koordinasi dalam rangka peningkatan peran dan fungsi KSB," katanya.

Ia mengatakan, selain itu Forkom KSB juga bertugas membantu pemerintah dalam pembinaan KSB serta mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

"Diharapkan setelah dikukuhkan pengurus Forkom KSB untuk dapat segera bekerja serta menjalankan peran dan fungsinya secara optimal," katanya.

Baca juga: PMI DIY edukasi ratusan anak kesiapsiagaan menghadapi bencana
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024