Bupati membuka "Sleman Creative Week"

id Sleman creative wewk,Bupati Sleman ,Dispar Sleman ,Taman Kuliner condongcatur,Kabupaten Sleman ,Ekonomi kreatif Sleman

Bupati membuka "Sleman Creative Week"

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka kegiatan "Sleman Creative Week" yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Sleman di Taman Kuliner. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo membuka kegiatan "Sleman Creative Week" yang diselenggarakan Dinas Pariwisata setempat di Taman Kuliner, Depok, Kamis.

Pada Kesempatan tersebut juga dilantik pengurus baru Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman Masa Bakti 2021-2024 dengan Ketua Suparmono dan anggota terdiri atas unsur OPD yang membidangi industri kreatif serta dari jajaran Sleman Creative Community.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan melalui kegiatan tersebut seluruh pemangku kepentingan di bidang kreatif di Kabupaten Sleman bekerja sama berupaya menjembatani dan memberikan wadah bagi masyarakat dan komunitas kreatif yang ada di Sleman untuk mengekspresikan dan memasarkan produk kreasinya.

"Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan produktivitas para insan kreatif baik itu UMKM, pribadi, asosiasi maupun perkumpulan yang ada di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan talkshow, workshop untuk memberikan tambahan wawasan, bukan hanya bagi generasi muda, tapi juga bagi pelaku industri kreatif yang sudah eksis di Sleman.

"Kepada Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman masa bakti 2021-2024 yang baru dilantik, diharapkan akan semakin memicu dan memacu perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman dengan lebih optimal lagi dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sleman," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan kegiatan "Sleman Creative Week" ini adalah kali pertama diselenggarakan, dengan mengangkat tema semangat Living Creative Culture.

"Tema ini dipilih untuk menunjukkan keseriusan kolektif segenap pemangku kepentingan sektor ekonomi kreatif, dalam upaya penguatan karakter kreatif yang lekat dengan kekayaan identitas budaya Kabupaten Sleman," katanya.

"Sleman Creative Week" digelar selama empat hari dari 21 hingga 24 Oktober, yang diselenggarakan dengan model hybrid sesuai terapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Rangkaian kegiatan berupa workshop yang mengangkat topik tentang produk kuliner, fashion, kerajinan, pergerakan subsektor ekonomi kreatif, serta menggelar perform dari subsektor ekonomi kreatif film dan animasi, seni pertunjukan dan juga subsektor musik, yang akan diselenggarakan di Komplek Taman Kuliner Condongcatur, dengan closing event gelaran karya seni pertunjukan yang dikemas secara cinematic di Sanggar Banjarmili Kradenan, Banyuraden, Gamping.

"Keberadaan Komite Ekonomi Kreatif dan wadah Sleman Creative menjadi sebuah ruang intermediasi yang harus terus diberikan ruang ekspresi atas gagasan dan manajemen tindakan," katanya.
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melihat produk kreatif yang ditampilkan pada kegiatan "Sleman Creative Week" yang di Taman Kuliner. Foto ANTARA/HO-Pemkab Sleman
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021