UPNVJ motivasi peternak lele

id UPNVJ,Pengabdian masayarakat

UPNVJ motivasi peternak lele

Dosen UPNVJ sedang memberikan materi pelatihan kepada peternak lele di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Selasa (23/11/2021). ANTARA/HO-UPNVJ

Jakarta (ANTARA) - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para peternak lele di Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.



"Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari program kemitraan masyarakat yang dilakukan UPN Veteran Jakarta," kata Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVJ Asep Kamaluddin Nashir dalam keterangan tertulis UPNVJ yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.



Asep mengatakan selain memberikan motivasi peternak lele, pelatihan itu bertujuan untuk membantu meningkatkan pemasaran produk berbasis lele, sehingga pemasaran menjadi lebih meningkat.



Disebutkan bahwa pelatihan itu diselenggarakan oleh para dosen UPNVJ yang berasal dari fakultas berbeda. Dosen-dosen itu kemudian dibagi menjadi dua tim untuk memberikan materi berbeda pada peternak lele.



Kedua tim dosen tersebut memberikan pelatihan mengenai inovasi produk dan kemasan serta strategi pemasaran dan pengembangan pasar.



"Dengan pelatihan, peningkatan pemasaran para peternak ikan lele akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat," ucap dia.



Dosen FISIP UPNVJ Kusumajanti mengatakan peternak lele dari Desa Curug dapat menjual makanan olahan ikan lele alih-alih ikan lele dalam keadaan hidup kepada konsumen.



"Karena cukup banyak peternak lele di Desa Curug, bisa dikembangkan sentra pengolahan ikan lele,” kata dia.



Kusumajanti menyebutkan produk olahan dari ikan lele itu dapat berupa nugget lele atau ikan lele yang sudah dibumbui sehingga mudah untuk langsung digoreng.



Diharapkan melalui pelatihan tersebut, para peternak lele dan para pengusaha dapat saling bekerja sama untuk memasok bahan baku.



“Dengan diolah, konsumen akan semakin mudah mengonsumsi ikan lele," ujar Kusumajanti.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021