Wisma BCA Foresta raih Greenship Existing Building peringkat Platinum

id bca

Wisma BCA Foresta raih Greenship Existing Building peringkat Platinum

Wisma BCA Foresta meraih Greenship Existing Building peringkat Platinum dari Green Building Council Indonesia. Penghargaan diterima Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma (kanan). Foto ANTARA/HO-BCA

Yogyakarta (ANTARA) - Komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam upaya membangun dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan konsisten dihadirkan melalui berbagai program dan inisiatif, dan di penghujung 2021 upaya nyata tersebut membuahkan hasil dengan diraihnya sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk Wisma BCA Foresta.

Penghargaan ini telah mengantarkan Wisma BCA Foresta menjadi gedung BCA pertama yang meraih sertifikat GREENSHIP EB PLATINUM tahun 2021. Pencapaian tersebut sejalan dengan komitmen BCA dalam penerapan ESG (Environment, Social, Governance).

Wisma BCA Foresta merupakan gedung yang beroperasi sejak Oktober 2020 dengan peruntukan sebagai kantor pusat BCA. Lokasi gedung ini berada di Jalan BSD Raya Utama Kav. Commercial Foresta Business Loft Lot L1 Tangerang, Banten. Total luas bangunan adalah 45.250 m 2 (GLA) dengan 16.922 m 2 (NLA occupied).

"Penganugerahan bagi Wisma BCA Foresta ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami keluarga besar BCA. Kami senantiasa berkomitmen untuk menerapkan green office dengan melakukan penghematan energi di tempat kerja," ujar Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma dalam keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, Wisma BCA Foresta telah menerapkan sejumlah teknologi komprehensif yang mendukung operasional ramah lingkungan serta memberikan harmonisasi lingkungan bekerja di mana hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen BCA dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan, #BCAForSustainability.

Wisma BCA Foresta telah dinobatkan sebagai gedung bersertifikasi Green Building pertama di BCA dengan menerapkan berbagai teknologi berbasis ramah lingkungan. Ada pun teknologi yang diterapkan seperti teknologi solar panel serta teknologi sistem pendingin.

Sementara itu, dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan, BCA telah menerapkan beberapa kebijakan ramah lingkungan seperti Waste Management, Green Technology dan Green Bulding.

Green Building adalah sebuah konsep di mana bangunan yang dalam desain, konstruksi dan operasinya bisa mengurangi dampak negatif bagi lingkungan. Konsep ini juga mengharuskan supaya bangunan bisa memberikan dampak yang positif bagi lingkungan dan alam.

"Penerapan Green Building Wisma BCA Foresta memberikan manfaat secara ekologis, antara lain seperti mengurangi emisi karbon dengan konsep ruang terbuka, meningkatkan pencahayaan yang masuk, kualitas udara dan juga memberikan manfaat ekonomis karena dapat menurunkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan," kata Frengky.