Setop konsumsi daging anjing !

id sekda jateng sumarno,tokoh agama

Setop konsumsi daging anjing !

Sekda Jateng Sumarno saat menghadiri acara Dog Meat Free Indonesia (DMFI) International Veterinary Training. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggandeng tokoh agama dalam mengedukasi masyarakat dan menggencarkan kampanye setop mengonsumsi daging anjing.

"Kami melibatkan berbagai pihak seperti pendakwah, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, penggiat, dan pecinta anjing untuk kampanye serta mengedukasi masyarakat terkait larangan mengonsumsi daging anjing," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno di Semarang, Senin.

Permasalahan saat ini adalah bagaimana mengedukasi warga karena masyarakat mengonsumsi bukan dalam rangka sekadar makan, tapi hal itu dianggap sebagai jamu atau obat sehingga butuh upaya yang besar dalam mengedukasi.
 
"Kami mendorong edukasi kepada masyarakat dengan pendekatan sisi agama," ujarnya saat menghadiri acara Dog Meat Free Indonesia (DMFI) International Veterinary Training.

Keterlibatan ulama dinilai penting guna mencegah maraknya perdagangan anjing untuk konsumsi di berbagai daerah, terlebih dalam hukum agama Islam mengonsumsi daging anjing adalah haram.

"Kolaborasi ulama dan DMFI perlu dilakukan agar masyarakat tak lagi mengonsumsi daging anjing," katanya.

DMFI bisa menjelaskan dari sisi ilmiah tentang bahaya mengonsumsi daging anjing dan Kemenag melakukan pendekatan dari sisi agama,sehingga ada penjelasan dari sisi ilmiah dan agama, jadi lebih efektif dalam mencegahnya.
 

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024