Bawaslu Kulon Progo ajak tokoh agama sukseskan Pilkada 2024

id Tokoh agama,Kulon Progo,Bawaslu Kulon Progo,Pilkada 2024

Bawaslu Kulon Progo ajak tokoh agama sukseskan Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kulon Progo berdiskusi dengan Ketua FKUB Kulon Progo Surahmanto soal pilkada. (ANTARA/HO-Dokumen Bawaslu Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengajak tokoh agama setempat untuk bisa menjadi pionir dalam menciptakan kerukunan umat beragama guna menyukseskan kompetisi Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan jajarannya telah audiensi dengan jajaran pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulon Progo.

"Kerukunan diantara pemeluk agama di tengah masyarakat Kulon Progo akan menciptakan kondisi yang harmonis," kata Marwanto.

Menurut dia, jika suasana harmonis terpelihara, kerawanan dapat ditekan seminimal mungkin. Artinya, meski dalam suasana kompetisi memperebutkan kursi bupati dan wakil bupati di Kulon Progo, maka potensi konflik akan rendah.

Ia mengatakan suasana harmonis dalam masyarakat sangat membantu tugas-tugas pengawasan. Peran FKUB sangat strategis untuk menciptakan pilkada yang sejuk dan damai, sehingga berjalan lancar.

"Suasana harmonis akan menjadikan kontestasi yang terjadi tidak terlalu keras, sehingga potensi pelanggaran kami yakini akan rendah," kata Marwanto.

Sementara itu, Ketua FKUB Kulon Progo Surahmanto mengatakan pihaknya mendukung Bawaslu Kulon Progo untuk menciptakan Pilkada yang berintegritas, tidak banyak pelanggaran dan minim politik uang.

FKUB Kulon Progo juga berkomitmen selain menciptakan kerukunan antar pemeluk agama di Kulon Progo menjelang pelaksanaan pilkada, juga menekan serendah mungkin praktik politik uang.

"Semua agama punya pandangan yang sama, amanah itu tidak untuk dijualbelikan. Ia datang dari lubuk hati para pemilih yang akan menjatuhkan mandatnya pada pemimpin yang diyakini punya kualitas dan integritas," katanya.